Skip to main content

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Anwari.web.id - Sistem Informasi Geografis SIG Adalah suatu sistem berbasis komputer yang mampu menyimpan, menganalisis dan menampilkan data dan informasi yang bereferensi geografis. Data dapat dari pemotretan udara, unit GPS, atau data tabular yang ada. Teknologi GIS mengintegrasikan operasi database seperti query dan analisis statistik dengan kemampuan untuk memvisualisasi dan menghubungkan data satu dengan yang lain dari berbagai sumber. Sebagai contoh dengan mengkorelasikan informasi tentang janis tanah dan distribusi unsur hara pada areal pertanian, petani mungkin mampu meningkatkan kondisi lahan bermasalah dan meningkatkan produktivitas panen (Mubekti, 2006)

Sistem informasi geografis (Geographic Informa On System) yang selanjutnya akan disebut SIG merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis (Aronoff, 1989)

Pengertian Secara Umum

Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumber daya manusia yang bekerja bersama secara efek untuk memasukkan, penyimpanan, memperbaiki, memperbarui, mengelola, memanipulasi, mengitegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.

  • Geografi

  • Gabungan dari dua kata Geo berarti bumi dan Graphy berarti penulisan, sehingga berarti penulisan tentang bumi, walaupun terdapat definisi mengenai geografi, pada intinya mencakup studi mengenai permukaan bumi terutama keragaman areanya dan hubungan spasialnya sebagai tempat tinggal manusia. Pengertian geografi mencakup hubungan manusia dengan tempat mereka berpijak dan menguasai sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu lahan.

  • Informasi Geografis

  • Merupakan bahasa, matematika, dan simbol-simbol pengganti lain yang disepakati dalam menggambarkan objek, manusia, peristiwa, aktivitas, konsep dan objek-objek penting lainnya.

  • Informasi

  • Data yang ditempatkan dalam konteks yang penuh arti oleh penerimanya. Sebelum data menjadi informasi maka terlebih dahulu harus di proses sehingga informasi yang diterima memudahkan pengguna.

  • Sistem

  • Merupakan sekumpulan ide yang berhubungan satu dengan lainnya namun mempunyai tujuan dan sasaran yang sama.

  • Sistem informasi

  • Kesatuan formal yang terdiri dari berbagai sumberdaya fisik dan logika. Atau suatu sistem yang terpadu untuk manyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi.

  • Sistem Informasi Geografis

  • Merupakan gabungan dari tiga unsur pokok : sistem, informasi, dan geografis. SIG merupakan salah satu sistem informasi, seperti yang telah dibahas di muka, dengan tambahan unsur Geografis. Atau, SIG merupakan suatu sistem yang menekankan pada unsur informasi geografis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar