Proposal Tugas Akhir Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Multi User

Gambar : Ilustrasion ujian online
by. smpn2-mbeliling.sch.id

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Fakultas teknik merupakan salah satu fakultas yang berada di Universitas Islam Madura yang di dalamnya terdapat dua prodi yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Fakultas teknik juga merupakan fakultas yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru (UIM). Adapun dalam pelaksanaan ujian, Fakultas teknik masih menggunakan Ujian secara manual menggunakan kertas dan alat tulis, sehingga hal tersebut tidak efisien, karena ketidaktepatan waktu pelaksanaan dan pengumpulan hasil ujian, serta pemeriksaan lembar jawaban yang memakan waktu cukup lama dan juga memperlambat proses penilaian. Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Haidar fakhri Tahun 2022 membangun sebuah aplikasi berbentuk Website yang berfungsi sebagai tempat ujian siswa SMP Negeri6 Kota Cirebon secara online, dapat menanggulangi kasus pncontekan di SMP Negeri 6 Kota Cirebon menjadi tidak ada.Berdasarkan dari hasil pembahasan efektivitas, maka diperoleh nilai ujian lama dengan rata –rata 73,1 naik menjadi 93,5. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini adalah Sistem Ujian OnlineBerbasis Websitedapat meningkatkan efektivitas ujian sebesar 27,8 %. (Fakhri et al., 2022). Pada penelitian yang lain dilakukan oleh Sanjaya pada tahun 2021 yang mana topik yang diambil adalah Program Sistem Informasi Ujian Online berbasis website menggunakan Framework Codeigniter dan database MySQL, kelebihannya ialah dapat membantu mengatasi masalah bagi sekolah dalam meningkatkan kecukupan serta pengawasan nilai secara online dengan internet, Mengurangi biaya cetak, lembar jawaban, memudahkan siswa dan guru untuk melihat hasil nilai secara online, Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem secara manual, dimana proses ujian lebih cepat dan efektif karena tidak memerlukan media bahan tulis, membatasi kecurangan dalam interaksi ujian dan siswa tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil mereka yang muncul secara berurutan. Adapun kekurangannya ialah Aplikasi ini hanya untuk sekolah dasar dan dibutuhkan pengembangan agar dapat berjalan di berbagai tahapan seperti anroid dan IOS dan bisa dikembangkan jenjang sekolah yang lain (Jaya, 2021). Berdasarkan permasaahan di atas maka peneliti mempunyai inisiatif untuk memberikan solusi dengan cara Merancang Sistem Informasi Ujian Online dengan teknik MultiUser agar bias diterapkan di Fakultas Teknik Universitas Islam Madura

Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana merancang Sistem informasi Ujian Online Multi User di Faakultas Tekniuk Universitas Islam Madura?.
  2. Bagaimana efektifitas ujian online ketika diterapkan di fakultas teknik?.
  3. Bagaimana metode perancangan sistem informasi ujian online di fakultas teknik?.

Tujuan Penelitian

Dengan adanya masalah di atas maka peneliti mempunyai tujuan seperti berikut:
  1. Merancang Sistem informasi Ujian Online Multi User di Faakultas Tekniuk Universitas Islam Madura.
  2. Menjelaskan penerapan ujian online di fakultas teknik dapat memberikan beberapa keuntungan Sepertihalnya Fleksibilitas, Efisiensi waktu, Lebih adil dan Hemat biaya.
  3. Menjelaskan Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Di Fakultas Teknik memerlukan beberapa tahapan dan metode yang harus diperhatikan sepertihalnya Analisis kebutuhan sistem, Perancangan sistem, Pengujian sistem dan implementasi sistem.

Batasan Masalah

Agar Penelitian yang akan dilakukan oleh penulis lebih fokus dan terstruktur, maka penulis membatasi masalah penelitian sebagai berikut :
  1. Sistem yang akan dianalisis adalah sistem informasi ujian online multi user.
  2. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, JavaScript.
  3. pada ujian kalli ini bentuk soalnya hanya berupa pilihan ganda.

Manfaat Penelitian

Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah:
  1. Memudahkan mahasiawa ketika akan melaksanakan ujian.
  2. Dapat mempermudah mahasiswa mengetahui nilai hasil ujian.
  3. Memudahkan dosen dalam pembuatan soal ujian.
  4. Memudahkan dosen merekap nilai hasil ujian.
  5. Mempermudah Admin dalam merekap semua data ujian.
Selengkapnya bisa anda lihat dilink berikut ini Proposal Tugas Akhir
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url