Mengubah Koordinat Geografis Menjadi Universal Transverse Mercator UTM di Google Eath

Sebelum ke Tutorial cara mengubah koordinat kita harus mengerti dulu apa itu Decimal Degrees atau yang disebut dengan geografis dan juga apa yang di maksud dengan Universal Transverse Mercator atau yang disebut dengan UTM.

Baca Juga: Proyeksi Peta

Berikut apa bedanya dan pengertian dari dua koordinat tersebut yaitu pertama apa itu Koordinat, Koordinat suatu titik yang didapatkan dari hasil perpotongan dari garis latitude (lintang) dengan garis bujur (longitude) akan menunjukan lokasi pada suatu daerah. Umumnya koordinat dibedakan menjadi koordinat Geographic dan Universal Transver Mercator (UTM). Pada Koordinat Geogprahic dibedakan menjadi tiga berdasarkan satuannya yaitu :

    a. Degree, Decimal (DD,DDDD) Contoh : S 3.56734 E 104.67235

    b. Degree, Minute (DD MM,MMMM) Contoh : S 3⁰ 43,5423’ E 104 33,6445’

    c. Degree, Minute, Second (DD MM SS,SS) Contoh : S 3⁰ 43’ 45,22” E104 33’ 33,25”

Sedangkan Sistem Koordinat UTM terdapat pembagian waktu sesuai dengan zonasinya, di Indonesia  terdapat 16 bagian zonasi waktu, pembagian zonasi waktu dimana terdapat garis yang memisahkan dari garis khatulistiwa. Untuk Daerah yang berada di atas garis khatulistiwa akan mempunyai Kode N sedangkan yang berada dibawah khatulistiwa akan mempunyai kode S. Berikut penjelasan Pembagian waktu indonesia.

Gambar: Pembagian Zonasi Waktu di Indonesia Seumber: Digimap

Sudah Jelas Apa perbedaan dari dua jenis Koordinat diatas, mari kita langsung ke tutorial selanjutnya yaitu mengubah koordinat Geografis menjadi koordinat UTM, berikut langkahnya:

1. Buka dulu Google Eath nya pastikan sudah mengistal terlebih dahulu.

2. Jika sudah di buka aplikasi Google Eath nya silahkan masuk  menu Tools seanjutnya pilih menu     Option untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah sesuai Gambar di bawah ini.

Gambar : Gis google eath option setting UTM

3. Pilih Centang Bagian Universal Transverse Mercator Lalu Klik Ok lebih detail seilahkan lihat gambar di bawah ini:

Gambar : Google Eath option setting UTM

4. Jika Sudah melakukan perintah diatas bisa dibedakan sendiri antara koordinat Geografis dengan koordinat UTM, untuk membedakan silahkan simak gambar di bawah perbedaanya.

Gambar : Geografis Sebelum Setting ke UTM

Gambar: UTM Sesudah Setting dari Geografis ke UTM

Langkah di atas merupakan langkah cara mengubah koordinat Geografis ke UTM, Sekian tutorial ini semoga bermamfaat bagi kalian semua cara sangat gampang sekali jika ada kesulitan silahkan kontak web ini terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here