Digitalisasi Toko Retail Untuk Menghadapi Tantangan Industri 4.0 dan Meningkatkan Omset

Usaha Ritel merupakan semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada consumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan penggunaan bisnis. Namun sering kali orang-orang beranggapan bahwa ritel hanya menjual produk-produk yang ada di toko.

Dengan demikian di era digital dan industri 4.0, maka akan ada sedikit masalah dengan orang-orang yang memiliki usaha ritel, salah satunya dengan persaingan antara pengusaha ritel dengan toko-toko online yang sudah banyak bertebaran di Marketplace. Dimana konsumen sekarang lebih dimudahkan dalam mencari dan membeli sesuatu yang ia inginkan, dengan pilihan yang lebih beragam pula, serta dengan harga yang terkadang cukup bersaing dengan yang ada di toko ritel.

Gambar: Digitalisasi Retail By Anwari

Keberadaan marketplace membuat konsumen kurang mengunjungi took ritel lagi Nah, bagaimana sebagai pengusaha ritel agar tetap bias bertahan di Industri 4.0 ini, salah satunya dengan mendigitalisasikan produk-produk yang ada di took sehingga konsumen bias melihat beragam produknya hanya dari genggaman. Yaitu dengan membuat aplikasi (web/mobile) yang isinya list catalog dari produk-produk yang ada di toko.

Gambar: Digitalisasi produk produk took dengan web/mobile apps

Sumber Gambar : https://id.techinasia.com/shopee-marketplace-media-sosial

Gambar: Layanan E-learning Terbaik dan Pengertian E-Learning

Yang kedua, apabila konsumen kebanyakan langsung mendatangi toko, adabaiknya pengusaha menggunakan teknologi “Sensor” di dalamtoko, agar bias terlihat bagian mana saja di dalam toko yang paling banyak diserbu konsumen, dan bagian mana saja didalam toko yang sedikit dikunjungi konsumen, dengan demikian pemilik took ritel dapat mempertimbangkan untuk sedikit mengubah posisi dari susunan produk yang ada di toko. Dengan sensor-sensor ini pemilik took ritel juga bias melihat produk-produk mana saja yang paling banyak dibelioleh konsumen, serta harus segera di re-stock.

Yang ketiga, marketing. Selain menggunakan Internet sebagai sarana marketing, salah satu yang menurut saya cukup bagus untuk marketing adalah dengan menggunakan teknologi yang namanya “iBeacon” atau “Qubeacon”, dimana dengan menggunakan teknologi ini pemilik toko ritel bias memberikan notifikasi kepada user yang ada di radius alat ini.

Mungkin segini saja analisis saya mengenai permasalahan industri di tengah akan dimulainya penerapan Industri 4.0
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here