Penjelasan Tentang Ilmu Komputer Dan Mata Kuliah

Definisi Komputer

Komputer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik. 

Definisi Ilmu Komputer

Ilmu Komputer Atau yang di sebut dengan Computer science adalah ilmu yang mempelajari tentang komputasi diantaranya yaitu tentang Perangkat Keras Komputer atau yang disebut dengan Hadware dan Perangkat Lunak atau yang disebut dengan Sofware.  Ilmu Komputer Banyak Macamnya diantarnya yaitu tentang Analisi algoritma yang mempelajari tentang Bahasa Pemrograman dan Rekayasa Perangkat Lunak (Sofware) dan jugak mempelajari Teknik Komputer yang lebih fokus pada perangkat keras komputer (Hadware) yang berkaitan dengan ilmu teknik Electro.

Ilmu Komnputer Ilmu yang mempelajari tentang komputer dan komputasi. Didalam ilmu komputer banyak terdapat teorika dan eksprimen, desain komponen, dan jugak termasuk hal yang berhubungan dengan teori-teori tentang komputer device, program, dan sistem komputer, eksperimen untuk pengembangan dan uji coba konsep, Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya, Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.

Banyak yang berpendapat tentang definisi ilmu komputer berikut penjelas beberapa pakar mengenai ilmu komputer Salasatunya

Menurut CSAB (Computing Sciences Accreditation Board)

Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan: Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem, Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep, Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya, Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta

Menurut Denning


Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang mengjelaskan dan mentrasformasikan informasi: baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Pertanyaan mendasar berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah, "Apa yang bisa diotomatisasikan secara efisien". Dari persamaan pemakaian terminologi dan hakekat makna dalam definisi yang digunakan  diatas, dapat disimpulkan bahwa  Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).


Berdasarkan banyaknya definis ilmu komputer diatas kami juga menyediakan Slide Persentasi matakuliah Ilmu komputer untuk keperluan Dunia Kampus bisa diunduh secara gratis dari kami.

1. Sejarah Komputer : Slide 1
2. Konsep Dasar Memahami Ilmu Komputer : Slide 2




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url