Skip to main content

Proses Kartografi

Kartografi Adalah Seni, ilmu dan teknik pembuatan peta (Riyadi,1994). Tujuan dari kartografi ini adalah untuk memudahkan penyampaian informasi, sehingga peta yang telah dibuat dapat di mamfaatkan secara maksimal.

Agar peta dapat dengan mudah dimengerti oleh pengguna peta, pamakian tata warna dan simbol sangat membantu untuk mencapai tujuan tersebut.
->. Simbol adalah Suatu tanda gambar menurut penyajian yang menyatakan objek tertentu. Desain simbol tidak hanya melakukan rancang simbol-simbol yang berbeda dari setiap objek dan di tampilkan di peta, akan tetapi merancang suatu simbol, merupakan proses intelektual dari keselarasan simbol yang dirancang sehingga menggambarkan secara tepat mengenai tipe, ciri-ciri, atau karakter dan lokasi dari suatu elemen di dalam peta (Riyadi, 1994).

Simbol kartografi berdasarkan ciri-cirinya (Riyadi, 1994) dapat dikelompokkan dalam:

a. Simbol Titik, digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi dan identutas dari unsur yang diwakili. Skala peta sangat menentukan bentuk simbol titik.
b. Simbol Garis, digunakan jika unsur yang diwakilinya berbentuk garis, misal: jalan, sungai, dan lain-lain.
c. Simbol Area, misal: wilayah daerah pemikaman, pertanian dan lain sebagainya.

Berdasarkan bentuknya, Simbol kartografi secara umum dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu:

->Simbol piktorial atau gambar simbol, sering disebut sabagai simbol yang sama dengan keadaan sesungguhnya atau yang sudah disederhanakan.

Gambar: Simbol Piktorial


  •  Simbol geomatrikal atau abstrak simbol, yaitu simbol-simbol dengan bentuk yang teratur, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar, segi enam, dan lain sebagainya.
Gambar Simbol Geometrikal atau Abstrak

 Simbol huruf/angka, yaitu suatu yang disusun atau dibentuk oleh huruf atau angka, biasanya dugunakan untuk menyatakan unsur tertentu yang sangat khas. Seringkali simbol ini diambil dari singkatan huruf depan dari nama unsur yang diwakilinya, misalnya simbol H untuk hospital (rumah sakit) atau simbol S untuk station (stasiun). 

Gambar Simbol Huruf dan Angka

 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar