Skip to main content

Tutorial Camtasia dan Membuat Video Media Pembelajaran

Anwari.web.id - Di kesepatan kali ini saya mau membahas tentang bagaimana membuat tutorial media pembelajaran dengan aplikasi Camtasia yang sangat di butuhkan bagi kalangan akademisi, dengan adanya covid-19 media pembelajaran saat ini sangat di butuh bagi para guru-guru di sekolah karna dibuat untuk pembelajaran alternatif di saat musim Pandemi saat ini, dan ini merupakan solusi bagi pendidikan untuk beralih dari yang tatap muka ke media online, sebelum kita bahas lebih jauh bagaimana cara penggunaanya kita bahas dulu apa itu Camtasia, dan keunggulan dan dibuat untuk siapa saja berikut penjelasanya.

Apa Itu Camtasia


Camtasia adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk Capturing atau Perekam layar dan video editing, Media Pemlajaran, Tutorial, elearning authors, content creators, dan berbagai editing video lainnya, yang dibuat dalam satu aplikasi di operating sistem Komputer. Dan saat ini aplikasi ini sangat pupoler dengan kebutuhan media-media pemlajaran yang sedang eksis saat ini, dengan didukung kebutuhan di era kemajuan edustri saat ini.

Pengguna Aplikasi Camtasia


Awal mula dibuatnya aplikasi Camtasia dirancang khusus untuk pengguna yang sering membuat video tutorial dengan berbagai kaya fitur yang keren, tetapi dengan banyaknya pengguna belakangan ini Camtasia banyak digunakan untuk berbagai cara diantarnya sebagai berikut:
  • Tutorial Aplikasi
  • Tutorial Web Devloper
  • Website Tour
  • Narrated PowerPoint presentations
  • E-learning
  • Catatan kuliah, pekerjaan rumah atau materi lain
  • Video Pembelajaran
  • Pembuatan Video dan audio podcast production
  • Youtuber
  • Facebook Creator
  • Dan Lain-Lain

Keuanggulan Aplikasi Camtasi


  • Aplikasi Camtasia, Software ini mampu Capturing atau merekam layar yang sangat bagus dan ringan dalam merekan layar operating sistem dan juga mampu menggunakan webcam yang sangat bagus dan jernih dalam perekamanya, dan disamping itu juga dilengkapi fitur merekam audio yang sangat bagus dan jernih. Dari tiga fungsi aktivitas yang menjadi satu inilah yang menjadikan Camtasia unggul berbagai aplikasi perekam layat atau capturing sebagai software favourite untuk para Youtuber yang suka membuat tutorial dari komputer dengan berbagai aktiviti layar.
  • Editing Video Aplikasi Camtasia ini juga di lengkapi denan mengedit video yang menyediakan edit video hasil rekaman yang di hasilkan, didalam editing video ini juga bisa menambah berbagai banyak fitur layar edit, baik itu vidio, audia atau tulisan.
  • Ringan Aplikasi juga sangat Ringan dipakai berbagai macam perangkat komputer dengan spesifikasi standart ukuran yang cukup ringan dan desain dari softaware yang mewah sehingga para pengguna tidak merasa bosan dalam menggunakannya dan tidak tidak hawatir lagi dengan spesifikasi karena keringanan kerja aplikasi ini.
  • Tersedia fitur penyimpanan hasil/outputnya tidak perlu di simpan di laptop/pc dan lagsung bisa uploa ke berbagai aplikasi penyidia upload video diantaranya yaitu screencast, vimeo, Google Drive, dan Youtube.

Cara Instal Amplikasi Camtasia

Untuk instalasi aplikasi camtasia silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di link berikut ini:
Jika sudah mendownloadnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Langkah pertama Extrak terlebih dahulu file aplikasinya yang ada di winrar, jika sudah , silahkan buka foldernya dan pilih Camtasi.exe Klik dua kali Bisa anda lihat pada gambar berikut ini:

    Gambar: Aplikasi Camtasia 2018

  2. Jika sudah melakukan langkah di atas selanjutnya bisa anda ikuti langkah berikut ini, jika anda sudah klik dua kali maka akan tampil pilihan bahasa dalam pengistalan camtasia, pilih saja bahasa English, Lalu Klik Ok selanjutnya akan ada konfermasi menu Install klik saja menu install Selanjutnya tinggal Next saja dan tunggu proses jika sudah tekan finis lebih jelasnya bisa anda lihat menggunakan gambar berikut:

    Gambar: Instalasi Camtasia

  3. Instalasi sudah maka akan tampil dari aplikasi camtasia versi 2018, cuman dalam tampilan ini versi trial, tapi anda bisa atasi trial tersebut dengan beberapa langkah-langkah berikut ini, harap di perhatikan untuk pengistalan activasinya agar anda berhasil dalam proses instalasinya. untuk melihat versi trialnya bisa anda liat gambar berikut ini:

    Gambar: Camtasia Versi Trial

  4. Jika berjalan dalam versi trial yang perlu anda lakukan adalah instal activasinya dengan langkah pertama yaitu dengan mematikan antivirus yang ada dalam komputer kita, disini admin menggunakan antivirus Windows Security yang bawaan windows langkahnya yaitu non aktifkan terlebih dahulu. selanjut bisa anda lihat langkah berikutnya.
  5. langkah yang kedua dalam instalasinya yaitu install Patch.exe Klik dua kali pada aplikasi tersebut, file tersebut jadi satu Folder sama aplikasi Camtasia. jika sudah klik dua kali maka akan keluar kotak konvermasi patch yang selanjutnya di lakukan yaitu klik kepala beruang sebelah kiri maka insstalasi akan berjalan jika tidak ada kendala patch tersebut berhasil instalasinya. Berikut tampilan gambar file Patchnya:

    Gambar: Aplikasi Camtasia dan Patch

    Jika berhasil di dalam proses pengistalan maka tampilan dari camtasi 2018 ini akan sempurna bukan versi trial lagi, untuk melihat tampilan versi camtasia yang bukan trial berikut gambarnya:

    Gambar: Aplikasi Camtasia 2018


Cara Menjalankan Camtasia Recorder


Aplikasi camtasia ada dua aplikasi, pertama Camtasia Recorder kedua App Camtasia. Dari dua kegunaan aplkiasi ini jelas berbeda di antaranya yaitu kalau aplikasi Camtasia Recorder: fokus terhadap perekaman aktifitas layar dan yang App Camtasia: fokus terhadap editing Video hasil dari perekaman.

Daftar Menu Camtasia

Gambar: Menu Camtasia

Gambari ini merupakan gambar tampilan dari aplikasi camtasia dan gambar ini diberikan nomer urut agar dalam penjelasan gambar ini semakin jelas dan ringkas dan bisa dilihat penjelasan menu ini di artikel dibawah ini.

Menu satu

Gambar: Menu 1 Camtasia

Menu Dua


Gambar: Menu 2 Camtasia

Gambar: Menu 2 Camtasia

Menu Keterangan
Media Digunakan untuk memasukkan media seperti Video, Audio, Gambar, Screen Recordings
Library Digunakan untuk mengambilan media gambar animasi yang disediakan standart camtasia
Annotatitons Kegunaanya untuk memberikan penjelasan atau comentar pada Video
Transitions Digunakan untuk memberikan animasi model untuk menampilkan Video
Behaviors Digunakan untuk memberikan tulisan dan animasi tulisan dalam Video
Animations Digunakan untuk memberikan Animasi zoom in dan zoom Out pada Video dan memberikan fitur banyak didalamnya seperti memutarbalikkan tampilan video dan membeikan animasi gelap dan banyak fitur lagi didalamnya.
Cursor Effects Memberikan Effect terhadap cursor dikala Cursor di gunakan
Voice Narration Untuk merekam audio
Audio Effects Digunakan untuk memberikan Audio Effect
Visual Effects Memberikan Efeck Tampilan Video Seperti warna hitam putih atau warna lainnya
Interctivity Memberikan tanyak Jawab di Video
Captions Memberikan tambahan komentar pada video yang dijalankan

Menu Tiga

Caption di sini

Menu Empat

Caption di sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar