Skip to main content

Atribut Tabel Basis Data

Anwari.web.id - Normalisasi, seperti yang telah di kemukakan sebelumnya, lebih di fokuskan pada tinjauan komprehensif terhadap setiap kelompok data (tabel) secara invidual. Lebih jauh lagi tinjauan tersebut di titik beratkan pada data di masing-masing kolom pembentuk tabel. Kita menggunakan istilah baru yaitu (Atribut) yang sebenarnya identik dengan pemakaian istilah kolom data. Istilah ini lebih umum digunakan dalam perancangan basis data, karena istilah itu lebih imprehensif dalam menunjukkan fungsinya sebagai pembentuk karakteristik (sifat-sifat) yang melekat pada sebuah tabel. Apalagi, peneraan aturan-aturan normalisasi terhadap atribut-atribut pada sebuah tabel bisa berdampak menghilangkan kolom tertentu. penambahan kolom baru, atau bahkan penambahan tabel baru.

Dari postingan sebelumnya yang berjudul Basis Data Model Data Relasional MDK dapat kita katakan :

  • Tabel mahsiswa memiliki 4 buah atribut, yaitu nim, nama_mhs, alamat_mhs, dan tgl_lahir
  • Tabel dosen memiliki 2 buah atribut, yaitu nama_dos, dan alamat_dos
  • Tabel kuliah memiliki 4 buah atribut, yaitu kode_kul, nama_kul, sks dan semester
  • Tabel jadwal memiliki 4 buah atribut, yaitu nama_kul, tempat, waktu dan nama_dos.
Baca Juga: Normalisasi Database

Disamping penamaan yan unit berdasarkan fungsinya disetiap tabel, atribut-atribut itu dapat dibedakan berdasarkan sejumlah pengelompokkan. Ada atribut yang di jadikan sebagai key dan yang lainnya disebut atribut dskriptif. Ada pula atribut yang tergolong atribut sederhana ataupun atribut komposit, dan sabagainya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar