Konsep Dasar Basis Data

Anwari.web.id - Pemprosesan sistem basis data sebagai perangkat suatu aplikasi yang dapat diandalkan sangat diperlukan oleh berbagai bidang institusi dan perusahaan.

Gambar 01: Gambar ilustrase Basis Data
By. nesabamedia.com

Konsep Basis Data

Dalam perkembangan aplikasi sistem informasi diperlukan sebuah basis data sebagai media penyimpanan data. Banyak contoh aplikasi yang berlandaskan pada sistem basis data diantaranya yaitu

  • Aplikasi transaksi perbangkan,
  • Aplikasi pemesanan dan penjadwalan paskapai penerbangan,
  • Proses pembelajaran dan pencatatan,
  • Data mahasiswa dan data dosen pada sebuah perguruan tinggi,
  • Aplikasi ecomerce dan aplikasi toko online,
  • aplikasi pencatatan keluar masuk barang pada semua toko,
  • Aplikasi perkantoran untuk pencatatan pegawai,
  • Berita aktivitas kantor dan sistem pengajian pada suatu perusahaan dan lain-lain.

Contoh aplikasi yang berbasis pada studi database yaitu studi kasus pada perusahaan retail seperti jumlah penjualan, jumlah stok, barang yang paling laku dijual pada hari tanggal bulan tahun,laporan jumlah laba bersih untuk mengetahui keuntungan perusahaan.laporan pencarian sebuah buku di perpustakaan untuk mengetahui peminjam dan pengembalian buku dan untuk mengetahui anggota yang terlambat dalam pengembalian buku.

Dengan pemamfaatan aplikasi yang berbasis studi database dan jaringan dapat dioptimalkan pada transaksi antara bank pusat dan cabang dan juga ranting bank secara online.

A. Mamfaat Database

Dengan banyaknya aplikasi yang dibuat dengan memamfaatkan basis data, basis data dapat meningkatkan daya guna sebuah perangkat komputer.

B. Definisi Basis Data

Basis Data adalah sebuah kumpulan data yang saling berelasi atau berhubungan dengan data lainnya. Yang di maksud dengan Data itu sendiri merupakan fakta mengenai sebuah objek, di antaranya nama orang dan lain-lain. Data dinyatakan dengan sebuah nilai (angka, deretan, karakter, atau simbol). Basis data dapat difinisiakan dalam berbagai sudut pandang diantaranya sebagai berikut:
  1. Himpunan data yang saling berhubungan yang teroganisasi sedemikian rupa sehingga kelak data dapat di mamfaatkan dengan secapat mungkin dan dapat di ambil dengan mudah.
  2. Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama-sama dengan sedemikian rupa tanpa pengulangan atau redundancy yang tidak perlu, untuk memenuhi kebutuhan.
  3. Kumpulan file/table/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik.

C. Tujuan Basis Data

Tujuan dalam penggunaan Basis Data untuk mengatur data sehingga diperoleh kemudahan, ketepatan, kecepatan dalam pengambilan data kembali. Untuk mencapai tujuan ada beberapa syarat sebuah basis data yang baik sebagai berikut:

  1. Maksud dan tujuan adanya redundansi dan inkonsistensi data
  2. Adanya redudansi terjadi dikarnakan suatu informasi disimpan dibeberapa tempat. contohnya, ada data mahasiswa yang memuat NIM, Nama, Alamat, dan Atribut lainnya, Semenatara kita punya data lain tentang data KHS mahasiswa yang isinya yang terdapat nim, nama, matakuliah, dan nilai.

  3. Sulitnya Dalam Pengaksesan Data
  4. Basis data memiliki fasilitas untuk melakukan pencarian informasi dengan menggunakan Query ataupun dari tool untuk melihat tabelnya. Dengan fasilitas ini. Kita bisa secara langsung melihat data dari software DBMS-nya.Selain itu, basis data bisa dihubungkan dengan program aplikasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses informasi.
  5. Multiple User
  6. Basis data memungkinkan pengguna data bersama-sama oleh banyak pengguna pada saat yang bersamaan atau pada saat yang berbeda. Dengan meletakkan basis data pada bagian server yang bisa diakses kesemua pengguna dari banyak klien, kita sudah menyediakan akses kesemua pengguna dari computer client ke sumber informasi yaitu basis data.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url