Membuat Personal Web Untuk Media Pembelajaran Dan Portofolio Beserta Videonya

A. Pengertian Pembelajaran Berbasis Web

Pembelajaran Berbasis Web adalah Suatu kegiatan pembelajaran yang memamfaatkan media situs website yang bias diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis Web atau yang dikenal juga dengan Web Based Learning, merupakan salah satu jenis penerapan pembelajaran elektronik (E-learning). Atau dapat juga dikatakan sebuah pengalaman belajar dengan memanfaatkan jaringan internet untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi pembelajaran.

Gambar: ilustrasi web media pembelajaran
by. plimbi.com

B. Fungsi dan Manfaat Pembelajaran Berbasis Web

Kruse (dalam Rusman, 2009:117)Dalam salah satu tulisannya yang berjudul “using the web for learning” mengatakan bahwa pembelajaran berbasis Web sering kali memiliki manfaat yang banyak bagi peserta didiknya. Bila dirancang dengan baik dan tepat, maka pembelajaran berbasis web bias menjadi pembelajaran yang menyenangkan, memiliki

C. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Web

Sebagaimana pembelajaran pada umumnya, pembelajaran berbasis web pun memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.

1. Kelebihan

  • Memungkinan setiap orang dimanapun dan dimanapun
  • Pembelajaran sesuai dengan karakteristik 
  • Bisa membuât link tautan sesuai domain kita 
  • Bisa mengakses berbagai sumber
  • Bisa diakses dimanapun dan kapanpun
  • Bisa tersedia di search engine google
  • 2. Kekurangan

  • Akses Internet 

D. Pengertian Portofolio

Web portofolio Adalah sebuah flatform yang berisi dengan berbagai karya seseorang atau perusahaan yang di publis melalui website, untuk mengenali seseorang di dunia internet.

Berikut langkah-langkahnya untuk membuat personal web untuk media pembelajaran. Untuk memulainya kita harus buat email terlebih dahulu setelah jika sudah punya email bisa kita daftarkan email kita untuk membuat web blog yang di custume domainnya menjadi domain yang kita inginkan, pastikan email kita menggunakan email dari google karna blogger hanya support email google tidak untuk email lain.

E. Cara Membuat Email Terbaru Dengan Google

Buat email dengan google sangat mudah dan praktis caranya dengan memasukkan nama kita dan sandi, nama dari email kita dan pastikan kita sudah mempunya nomer pribadi untuk verifikasi email ke nomer kita, selanjutnya kita verifikasi nomer maka akan jadi email milik kita untuk di daftakan buat blog kita, kenapa harus pakek gmail yang buat blog karna blogger milik google dan menjadi satu email dan blog kita.

Berikut tata caranya membuat email dari google, cara ini sangat mudah di lakukan, berikut langkah-langkahnya.

Tata Cara Buat Email Terbaru Dengan Gmail

  • Silahkan Klik tautan berikut ini Daftar Gmail
  • Isikan data saudara sesuai dengan form disini, berikut contoh formnya

    Gambar: Register Gmail Terbaru

    Pastikan datanya benar dan sandi harus sama dengan konfermasi.

  • Langkah berikut ini silahkan masukkan nomer verifikasi ke nomer kita berikut contoh gambanya.

    Gambar: Masukkan Nomer Hp Verifikasi 

    Pastikan nomer yang di masukkan sudah benar agar nomer verifikasi tidak nyasar.

  • Verifikasi akan dikirimkan ke nomer hp tujuan jika sudah dapat silahkan masukkan di kotak konfermasi google berikut contoh gambanya.

    Gambar: Kode Verifikasi 
  • Masukkan Tanggal lahir bulan tahun dan email pemulihan berikut contoh gambarnya.

    Gambar: Tanggal Lahir Email
  • jika terdapat pertanyaan langkah selanjutnya iya saja dan ikuti.
  • Jika langkah di atas sudah di ikuti semua maka email sudah siap di gunakan, dan bisa di buat daftar blog untuk membuat web media pembelajaran. Berikut contoh gambarnya

    Gambar: Screen Gmail

Jika sudah punya email mari kita ikuti langkah-langkah membuat website yang praktis dan dinamis dan ekonomis agar bisa digunakan media pembelajaran dimanapun kapanpun dan siapapun bisa mempelajarinya.

F. Cara Membuat Website Media Pembelajaran

Untuk membuat blog kita sangat mudah sekali caranya karna dengan mudal email sudah kita punya blog pribadi dan langkahnya tidak rumit untuk membuatnya hanya dengan modal klik klik saja sudah punya website yang bisa di mamfaatkan untuk media pembelajaran, tapi mungkin butuh dana sedikit agar nama blog kita menjadi menarik dan bisa terlihat kren sedikit dengan cara mengubah domain kita sesuai yang kita ingginkan caranya ikuti terus langkah ini agar kalian bisa. untuk selanjutnya ikuti langkah-langkah cara membuat blog dengan email yang kita buat di atas, berikut langkahnya.

Tata Cara Buat Website Media Pembelajaran Dengan Blogger

  • Langkah pertama silahkan klik tautan berikut ini Blogger
  • Langkah kedua klik menu Create Your Blog berikut contoh Gambarnya.

    Gambar: Home Create Blog
  • Jika sudah diklik menu create langkah diatas maka di arahkan ke pemilihan email jika ada email yang sudah di login di browser kita jika belum ada yang login langsung memasukan email kita di formnya, jika sudah terdapat email yang sudah login tinggal pilih email yang mau di daftarkan.
  • Penjelasan nama blog dan nama url nama tampilan blog disitu ada tiga nama pertama nama blog itu nama dari penulis dari artikel blog sedangkan nama blog nama yang di tempilkan di tab browser dan untuk nama url itu merupakan nama alamat dari blog yang kita buat contoh seperti anwari.web.id lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

    Gambar: Keterangan url blog nama blog nama tampilan blog
  • Selanjutnya Isikan nama untuk blog Anda lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini.

    Gambar: Form Nama Blog
  • Selanjutnya tentukan nama domain dari blog yang mau dibuat silahkan isikan form tersebut sesuai yang diinginkan , berikut contohnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini:

    Gambar: Form URL di Blog Anda

    Isikan sesuai yang di inginkan dan pastikan sesua permataan dari pihak blogger karna terkadang jika ada nama URL yang sama nama akan di tolak otomatis oleh sistem, blogger jika tidak ada kendala nama tidak ada yang sama maka otomatis tersimpan

  • Selanjutnya buatlah nama blog yang di tampilkan penulis artike blog di layar saat user buka website contoh gambar berikut ini:

    Gambar: Nama Tampilan Blog

    Nama ini nanti akan di tampil sebagai penulis blog atau pemilik blog kita.

  • Jika langkah diatas sudah dilakukan semua maka blog kita atau website kita sudah bisa digunakan sebagai media ruang pembelajaranuntuk tampilannya blog yang kita buat perhatikan gambar di bawah ini:

    Gambar: Tampilan admin blogger terbaru

    Gambar ini tampilan baru blogger di halaman admin jika sudah sama seperti gambar di atas sudah bisa digunakan.

Penjelasan Masing-Masing Menu Di Dalam Halama Admin Blogger

Didalam menu blogger terdapat menu yang sangat efesien dan sangat mudah di gunakan tidak seperti yang lain dengan menu tersebut sudah bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran.

  • Berikut ini gambar tampilan menu yang terdapat diblogger perhatikan gambar berikut ini:

    Gambar: Manu Blogger

    1. Menu Post: Menu ini digunakan untuk memposting artikel yang kita buat
    2. Menu Stats: Digunakan untuk melihat trafik pengunjung
    3. Menu Comment: Untuk melihat comen dari user untuk memberikan masukan terhadap artikel yang dibuat
    4. Menu Earnings: Digunakan untuk penghasilan blog dengan cara mendaftarkan blog yang kita punya di daftarkan adsense dengan menggunakan menu ini.
    5. Manu Pages: Dipergunakan untuk membuat postingan seperti menu post kegunaanya, ada sedikit perbedaan di antaranya perbedaan itu, tidak bisa menggunakan menu labels, biasanya menu pages digunakan untuk membuat menu profile, contact menu privasi, dan menu menu lain yang hanya satu page saja tidak banyak labels.
    6. Menu Layout: Menu ini digunakan untuk tataletak menu misalkan memindahkan widget menambahkan widget dan menghapus widget
    7. Menu Theme: Menu ini digunakan untuk mengubah templet dari custume ke templet premium atau templet yang lain dari standart dari google.
    8. Menu Settings: Menu digunakan untuk mengatur blog mulai dari domain custume domain nama domain privasy ssl dan dll.

        Keterangan Menu Post

        Keterangan Menu di dalam Menu Posts, berikut contoh gambar menunya dan segaligus keterangan dari menu tersebut.

        Gambar: Menu dalam Posts

        Berikut tabel keterangan Nama Menu dan katerangannya


Nama Menu Keterangan
Labels Digunakan untuk menentukan katagori dalam sabuah postingan menu
Published on Digunakan untuk menerbitkan postingan yang dibuat bisa untuk di puslis langsung dengan memilih otomatis bisa terjadwal postingan yang dibuat jika sudah di setting di pengaturan tanggal.
Permalink Digunakan untuk membuat link yang sesuai dengan judul
Location Memberikan keterangan lokasi di setiap postingan
Search Description Untuk memberikan diskripsi di pencarian
Options Pengaturan Komentar dalam postingan untuk memberikan izin atau tidak dalam sebuah komentar dalam masing masing postingan
Custom Robot Tags Digunakan untuk printah robot postingan terindex dalam mesin pencarian google atau mesin pencari lainnya, dan untuk memberikan pengecekan, dan perayapan.

jika belum faham atau inggin lebih Jelasnya dan lengkap silahkan tonton video berikut ini :

G. Kesimpulan

Membuat website media pembelajaran itu sangat mudah dan praktis dan ekonomis, dengan modal satu email di akun gmail sudah bisa daftar website media pembelajaran dan untuk custume domain hanya denan modal 150rb sudah punya domain website kita sangat menarik dan bisa di publis di berbagai media sosial, terima kasih sudah membaca dan mengikuti tutorial dari atas semoga bermamfaat dan bisa di mamfaatkan.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url