Contoh Diskripsi Diri DD Serdos Yang Lulus

Narasi Mission Statement

Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di Negara maju telah membuktikan bahwasannya, pendidikan mempunyai kontribusi yang sangat penting, dalam meningkatkan kualitas suatu bangsa. Pendidikan merupakan suatu sumber dari segala sumber dari kemajuan bangsa, karena dengan melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa tersebut dapat ditingkatkan. Dengan adanya pendemi covid-19 saat ini, Pendidikan terganggu dan tidak stabil di karnakan aktfitas secara langsung tidak dapat di laksanakan. Solusi Untuk mengantikan tatapmuka secara langsung dapat digantikan dengan menggunakan media pembelajaran online (daring) dengan menggunakan berbagai aplikasi saat ini diantaranya google meet/zoom, Google classroom/LMS, Blog/Website, anwari.web.id merupanakan website sejak 2019 sampai saat ini yang kami kelola untuk membantu pembelajaran dan untuk arsip diri dan pembelajaran online dan dapat di mamfaatkan oleh anak-anak bangsa, semua materi sudah terpublis. Dan di lengkapi dengan Youtube dan berbagai media lainnya. Adapun dalam penerapan media pembelajaran secara online kami merekamnya dan di publis menggunakan chanel youtube yang saat ini kami kelola, untuk membantu mahasiswa dalam belajar yang terkendala dalam jaringan internet, dan dapat di mamfaatkan oleh mahasiswa diluar kampus untuk dijadikan sebagai ajuan atau referensi. Untuk penelitian yang saya pernah di teliti pada tahun 2019 di bidang system informasi geografis yang terindex sinta 5 karna dapat dana dari penelitian dosen pemula. Dan tahun 2020 saya hanya ikut temen dalam penelitan yang terindex scopus dan ieee . dan tahun 2021 saya meneliti di bidang system informasi geografis untuk pemetaan lokasi pembuangan sampah sementara sudah submit dan terbit bulan desember 2021 yang terindex sinta 3 . dan saya tergetkan tahun 2022 awal jadi penulis satu yang terindex scopus. Untuk pengabdian aktif mulai sejak tahun 2017 – 2019 dan semua sudah prosiding dan untuk 2020 – sekarang tidak aktif lagi karna pandemi tidak bias mengumpulkan banya orang dan sudah punya tugas tambahan sabagai kaprodi di jurusan system informasi. Dan untuk pengbadian yang bersifat online dan orasi ilmiah secara online tetap aktif sampai saat ini.

Gambar: Ilustration Serdos By. Duniadosen.com

Makna Penelitian Yang Dilakukan

  1. Penelitian yang pernah saya lakukan baik sebagai ketua peneliti maupun sebagai angggota peneliti antara lain sebagai berikut:
    1. Hibah penelitan dosen pemula (PDP) dari DPRM Risbang dikti sebagai ketua dengan judul Pemetaan Wilayah Rawan Bahaya Banjir Di Kabupaten Pamekasan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) tahun 2018 dalam penitian ini menghasilkan sebuah peta digital yang fokus terhadap pemetaan daerah rawan bahaya banjir di daerah kota kabupaten pamekasan dengan menggunakan beberapa data diantaranya data curah hujan, data jenih tanah, data ketinggian, data kerapatan penduduk, sehingga menghasilkan peta rawan bahaya banjir. Dalam penelitian ini bertujuan untuk masyarakat kota pamekasan jadi perhatian dini, karna hasil dari penelitian ini sudah dapat mengetahui daerah dimana yang terdapat banjir dan daerah yang paling tinggi genangan air dan daerah yang berbahaya di tempati karna tingginya genangan air.
    2. Hibah peneilitian dosen pemula (PDP) dari DPRM Risbang dikti sebagai anggota dengan judul Pemodelan Tingkat Okupansi Penumpang Kereta Api dari Surabaya dengan Metode S-Sur (Spatial-Seemingly Unrelated Regression) dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahu faktor mempengaruhi perkembangan tingkat okupansi penumpang kereta api ekonomi, bisnis, dan eksekutif dari Surabaya dan untuk perencanaan.

    KESESUAIAN BIDANG

    Dalam penelitian yang saya lakukan sesuai dengan bidang latar belakang saya, jurusan s1 saya Teknik informatika dan bidang fokus system informasi geografis (SIG) dan s2 saya teknik geomatika bidang fokusnya system informasi geospasial, matakuliah yang saya ajarkan yaitu system informasi geografis, aplikasi system informasi geografis, system informasi geografis berbasis web, database spasial, database. Bidang penelitian yang sesuai dengan matakuliah yang saya ajarkan pemetaan banjir berbasis (SIG) dan pemetaan pembuangan sampah sementara berbasis SIG. dari penelitian tersebut sesuai latar belakang saya waktu s1 dan s2.

    INOVASI PENELITIAN

    1. Hibah penelitan dosen pemula (PDP) dari DPRM Risbang dikti sebagai ketua dengan judul Pemetaan Wilayah Rawan Bahaya Banjir Di Kabupaten Pamekasan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) tahun 2018. dalam penitian ini menghasilkan sebuah peta digital yang fokus terhadap pemetaan daerah rawan bahaya banjir di daerah kota kabupaten pamekasan yang sebelumnya tidak ada peringatan ini bagi penduduk dengan adanya penilitian ini bisa membantu pemerintah untuk memberikan informasi banjir peringatan dini bagi masyakat kota pamekasan.
    2. Hibah peneilitian dosen pemula (PDP) dari DPRM Risbang dikti sebagai anggota dengan judul Pemodelan Tingkat Okupansi Penumpang Kereta Api dari Surabaya dengan Metode S-Sur (Spatial-Seemingly Unrelated Regression) dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahu faktor mempengaruhi perkembangan tingkat okupansi penumpang kereta api ekonomi, bisnis, dan eksekutif dari Surabaya dan untuk perencanaan bagi pemerintah untuk mengembangkan kereta selanjutnya.

    KATAGORI PUBLIKASI

    Sejak menjadi dosen di Universitas Islam Madura fakultas Teknik prodi system informasi menghasil karya tulis ilmiah yang telah di publikasikan tiga jurnal nasional, dua jurnal terakreditasi sinta tiga prosiding seminar internasional terindex IEEE sebagai berikut:

    1. Perbandingan algoritma Breadth First Search Dan Dijkstra untuk penentuan jarak terpendek . Artikel yang terbit pada jurnal mnemonic jurnal Teknik informatika its Vol-2 No.1 tahun 2019. Belum terakreditasi
    2. Pemetaan Wilayah Rawan Bahaya Banjir Di Kabupaten Pamekasan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) vol 4 no 2. Terindex sinta 5
    3. Analisis Penempatan TPS Di Kecamatan Pamekasan Berbasis Sistem Informasi Geografis Vol-8 No.1 Terindex sinta 3
    4. Exploring Success Factor for Mobile based Smart Regency Service using TRUTAUT Model Approach. Date of Conference: 1-2 Oct. 2020. Date Added to IEEE Xplore: 16 November 2020.. INSPEC Accession Number: 20168862. Publisher: IEEE.
    5. Mobile-based Smart Regency Adoption with TOE framework: An empirical inquiry from Madura Island Districts. Published in: 2020 4th International Conference on Informatics and Computational Sciences (ICICoS). Date Added to IEEE Xplore: 24 December 2020. INSPEC Accession Number: 20304275.
    6. Knowledge Management System Analysis of Smart Regency Mobile-Apps Service with Software Usability Measurement Inventory (SUMI) Approach. Date of Conference: 2-4 Aug. 2021. Date Added to IEEE Xplore: 13 September 2021: 10.1109/ICISS53185.2021.9533212 Publisher: IEEE
    7. Pengenalan Facebook Creator Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Di Smk Zainul Ahsan Ds. Banyupelle. Vol.3 no.127
    8. Pemahaman Pemanfaatan Teknologi Smart Village Di Tingkat Pemerintahan Desa vol 2 no. 172
    9. Peningkatan Kreatifitas Pemuda Bidang Tik Untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru Di Desa Pangereman vol. 1 no.71

    KEBERLANJUTAN

    Penelitian yang saya sedang ditekuni saat ini terus saya kembangkan untuk melihat perkembangan banjir dan untuk memberikan data yang sesuai untuk dijadikan bahan untuk mengatasi banjir dan agar terus di mamfaatkan halayak umum dan dapat jadikan ajuan bagi anak anak bangsa. Kenapa saya terus mengembangkan karna dalam penelitian saya tahap awal dan ada keterbatasan keterbatas dan saya harus mengembangkan diantarnya memberikan solusi bagaimana banjir tidak terus memenuhi kota.

    UNSUR PENILAIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

    Makna PKM Yang Dilakukan

    1. Pengabdian yang pernah saya lakukan dan dapat dana dari internal kampus tahun 2018 di desa plakpak kecamatan pegantenan kabupaten pamekasan dengan tema Pemahaman Pemanfaatan Teknologi Smart Village Di Tingkat Pemerintahan Desa bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pemerintahan desa agar faham tentang implementasi smart vollage untuk kemajuan desa kedepan dan di terapkan di desa agar desa menjadi go digital.
    2. Tahun 2019 saya melakukan pengabdian di ds. Banyupelle SMK Zainul Hasan dengan judul Pengenalan Facebook Creator Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Di Smk Zainul Ahsan Ds. Banyupelle dengan adanya pelaksanaan pengabdian ini guna untuk mengasah anak-anak smk agar punya skill konten kreatif di facebok creator untuk mendapatkan dolar dari dunia social media.
    3. Tahun 2017 saya melakukan pengabdian di ds. Pengereman kec. Batumarmar kab. Pamekasan dengan judul Peningkatan Kreatifitas Pemuda Bidang Tik Untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru Di Desa Pangereman dengan adanya pengabdian ini guna untuk meningkatkan kreatifitas siswa bagaimana punya wawasan dalam membuat usaha intenet marketing untuk kemajuan pemuda desa.

    TINGKATAN KETERCAPAIAN DAN DAMPAKNYA

    1. Setelah pengeabdian selesai di desa plakpak saya melakukan survei satu tahun kemudian desa sudah menggunakan aplikasi e-desa yang terdapat fitur surat electonik pencatatan penduduk digital, pembuatan surat otomatis dan sudah tahapan rangcangan internet desa untuk desa berbasis internet dan digital.
    2. Setelah saya melakukan follow up 8 bulan kemudian, siswa smk zainul hasan mulai bisa membuat video kreatif tentang umkm desa yang terpublis di fanspage facebook dan siswa smk sudah mempunya follower sangat banyak dan ada beberapa siswa sudah mulai mendapat dolar dari hasil konter tersebut meskipun tidak begitu banyak.
    3. Dari pelatihan yang dilakukan didesa pangereman 5 bulan kemudia siswa desa disana sudah mulai berjualan online dari hasil umkm penduduk disana dan sudah melakukan promosi baik di facebook dan di social media lainnya meskipun masi dalam bentuk yang gratis, dari hasil promosi melalui internet marketing penjualan umkm disana mulai meningkat.

    KEMAMPUAN KERJASAMA DUKUNGAN MASYAKAT

    Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat kami mencari informasi tentang tempat yang mau dijadikan tempat pengabdian, selanjutnya melakukan komunikasi untuk membahas kerja sama dengan cara silaturahmi secara langsung agar diharapkan kesepahaman antar kedua pihak, dalam menyampaikan komunikasi kerja sama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Satu hal yang diutamakan Dalam komunikasi yang budaya Madura adalah kemunikasi yang baik dan bertingkah laku yang baik dan berkomunikasi menyesuaikan dengan keadaan masyakat Madura, atau yang disebut dengan berbahasa Madura aparpesan, jika yang berkomunikasi memakai Bahasa Madura, jika menggunakan Bahasa Indonesia kita harus menyesuaikan dengan berbahasa Madura, bahkan dalam menyampaikan materi tentang pengabdian jika masyarakat banyak yang tidak faham Bahasa Indonesia kita harus juga menyesuaikan. Dukungan masyarakat dalam pengabdian yang kami lakukan terlaksana dengan sangat baik, masyarakat sangat menyetujuinya dalam program pengabdian yang kami laksanakan, sebagai perserta dalam pelaksanaan pengabdian saya, pesertanya terdiri dari masyarakat, perangkat desa dan sekolah, sala satu dukungan yang diberikan adalah mitra memberikan fasilitas LCD, Soud system, ruang aula, balai desa untuk kami selama pelatihan dan workshop berlangsung dan penginapan.

    Konsistensi sesuai bidang keilmuan

    Bidang keilmuan yang konsistensi dengan bidang saya yaitu penelitian karna membahas ruang lingkap ilmu bidan geospasial, dan untuk pengabdian saya konsistenya yang sesua dengan bidang saya sala satunya yaitu pelatihan dan penerapan smart village yang berisi didalam bidang geospasial pemetaan tanah penduduk menggunakan system informasi geografis, sesuai dengan bidang ke ilmuan saya baik s1 maupun s2.

    Kontribusi dalam kegiatan pkm

    1. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kontribusi saya adalah peltihan smart village yang yang bertujuan kapada perangkat desa dan kepala desa punya wawasan dan keilmuan tentang smart village untuk menjadikan desa manjadi desa cerdas yang didalamnya terdapat penerapan teknologi bagi masyarakat desa guna untuk percepatan layanan desa kedepan dan menjadi desa go digital semua layanan.
    2. Kontribusi saya dalam pelatihan facebook creator bagi anak-anak SMK guna untuk memberikan keilmuan tentang pentingnya ilmu sekarang membuat konten facebook untuk memerikan sebuah lowongan pekerjaan baru bagi anak SMK karna menghasilkan dolar, kontribusi bagi desa membuat desa umkm maju karna dengan adanya konten video desa membuat promosi produk umkm desa dan tambahnya tingkat jual beli dalam produk umkm desa dengan adanya konten promosi produk umkm dari anak SMK.
    3. Contoh Pembelajaran Online: Link video: https://www.youtube.com/watch?v=ysBZV1Xkq-g&t=485s

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url