Skip to main content

Bahasa Sistem Basis Data

Bahasa Basis Data

DBMS merupakan perantara bagi pemakau dengan basis data dalam disk. Cara berinteraksi antara pemakai dengan basis data tersebut diantur dalam suatu basis bahasa khusus yang ditetapkan oleh perusahaan pembuat DBMS. Bahasa itu dapat kita sebut sebagai bahasa basis data yang terdiri atas sejumlah perintah (Statement) yang di formulasikan dan dapat di berikan user dan di kenal atau diproses oleh DBMS untuk melakukan suatu aksi tertentu . Contoh-contoh bahasa basis data yang paling populer saat ini.

sebuah basis data biasanya dapat dipilah ke dalam dua bentuk yaitu:
a. Data Definition Languagu (DDL), dan
b. Data Manipulation Languagu (DBML).

Data Definitian Language (DDL)

Struktur Basis Data yang mengambarkan skema basis data secara keseluruhan dan didesain dengan bahasa khusus yang disebut data definition language (DDL). Dengan bahasa inilah kita dapat membuat tabel baru , membuat indeks, mengubah label, menentukan struktur penyimpanan tabel, dan sebagainya. Hasil dari kompilasi perintah DDL adalah kumpulan tabel yang disimpan dalam file khusus yang disebut kamus Data (Data Dictionary).

Kamus Data

Merupakan suatu metadata (super data) yaitu data yang mendeskripsukan data sesungguhnya. Kamus data ini akan selalu diakses dalam suatu operasi basis data sebelum suatu file data yang sesungguhnya diakses.

Baca Juga: Cara Membuat Database Di MySQL

Data Manipulation Language (DML)

Merupakan bentuk bahasa basis data yang berguna untuk melakukan menipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Manipulasi data dapat berupa:
1. Penambahan data baru ke suatu basis data
2. Penghapusan data dari suatu basis data
3. Pengubahan data di suatu basis data

Pada level fisik, kita harus mendefinisikan algoritma yang memungkinkan pengaksesan yang efisien (yang cepat) terhadap data. Pada level yang lebih tinggi, yang dipentingkan bukan hanya efisiensi akses, tetapi juga efisiensi interaksi pemakai dengan sistem (kemudahan permintaan akses).

Data manipulation Laguange (DML) merupakan bahasa yang bertujuan memudahkan pemakai untuk akses data sebagaimana direpresentasikan oleh model data. Ada dua jenis DML, yaitu:

1. Prosedural, yang mesyaratkan agar pemakai menentukan, data apa yang diinginkan serta bagaimana cara mendapatkannya.

2. Non Prosedural, yang membuat pemakai dapat menentukan data apa yang inggin tanpa menyebut bagaimana cara mendapatknannya.

Baca Juga: Level Abstraksi Data 

Sekian dari pembahasan dari Bahasa Basis Data Semoga Bermamfaat silahkan di bagikan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar