Skip to main content

Cara Membuat Database Di MySQL

Anwari.web.id - Kali ini saya mau membagikan cara membuat database di mysql, sebelum ke tutorial pastikan saudara sudah membaca Apa Itu Basis Data di postingan sebelumnya, jadi saya tidak usah mengulas kembali apa itu basis data, silahkan baca dahulu sebelum mempelajari Apa Itu Basis Data di link ini.

A. Apa Itu MySQL

Menurut buku MySQL adalah suatu Sistem manajement database (Database Menengement System) atau DBMS. Jadi, MySQL adalah sistem yang berguna untuk melakukan proses pengaturan koleksi-koleksi struktur data (database) baik yang meliputi proses pembuatan atau proses pengelolaan untuk menggunakan dan memodifikasnya. Program ini dapat diperoleh secara Gratis pada alamat : http://www.mwsql.com. Kita menggunakan MySQL karena MySQL sangat cepat, reabiliti dan mudah digunakan. Selain itu MySQL juga merupakan pengakses database yang berbasus pada jaringan, sehungga memungkinkan untuk digunakan oleh multi user (banyak pengguna). Dan juga menggunakan bahasa query standar SQL. (Sumber: Vivian Siahaan Rismon Nasiholan Sianipar)


B. Membuat Data Base

Sebelum ke tutorial langkah-langkah membuat data base kita buat dulu konsep membuat database kita seperti apa nantinya, saya memberikan contoh daftar tabel buku berikut contoh yang saya buat di excel.

Gambar: Contoh Tabel yang mau di buat

Kita akan membuat tabel seperti ini di dalam database, sesuaikan dengan contoh agar tidak bingung, ini contoh sederhana, agar mudah kita ikuti.

Baca Juga: Komponen Sistem Basis Data

C. Langkah-Langkah Membuat Data Base Di MySQL

Pertama dipastikan semuanya sudah terintall aplikasi Xampp,  jika terinstall silahkan buka aplikasi xamppnya terbih dahulu.

Gambar: Tampilan Xampp 3.2.3

Jika sudah terbuka aplikasi Xampp nya silahkan klik start dari dua pilihan tersebut di antaranya Apache dan MySQL,  dan di pastikan semua dikala klik start tidak ada kendala apapun, baik bug maupun error, jika tidak ada kendala silahkan langsung menuju brosernya.

Baca Juga: Sistem Basis Data

ketikkan Alamat : http://localhost di addres broser lalu tekan enter maka akan tampil Dasbord dari halam xampp beriktu tampilannya.

Gambar: Tampilan Dashbord Xampp

Pastikan semua tampilan yang kalian punya seperti punya saya di atas. jika sama maka selanjutnya yang anda lakukan yaitu klik menu di samping kiri PhpMySql. Atau ketiikan langsung di addres brosernya dengan alamat http://localhost/phpmyadmin/ .

Baca Juga: Operasi Dasar Basis Data

Gambar:Tampilan Awal Php My Admin

Bisanya jika mengakses dengan dua cara di atas maka akan tempilannya seperti ini, yang anda harus lakukan sudah tempil begini yaitu klik menu Database atau new di samping kiri.

Gambar: Membuat database di Mysql

Tampilan di atas adalah halaman membuat data base silahkan isikan colum Nama Database dan tentukan opsinya silahkan pilih colection lalu klik create .

Gambar: Membuat tabel di dalam database

Jika sudah melakukan pembuatan database lalu di samping kiri maka akan tampil nama database yang dibuatnya databuku ini nama database yang saya buat, lalu di halaman ini kita isikan nama tabel kita di form isian itu dengan nama yang anda mau, saya isikan nama buku lalu tentukan berapa tabel yang kita butuhkan untuk membuat tabel di dalam database, karna saya butuh 4 tabel sesuai dengan contoh tabel di atas maka saya tentukan 4, lalu klik Go.

Gambar: Membuat Nama Baris Tabel Di Mysql

Isikan dari 4 colom di samping sesuaikan dengan contoh di atas tabel awal postingan typenya silahkan sesuaikan yang anda butuhkan di tabel tersebut yang perlu anda ingat yaitu di ID atau Nomer jangan lupa untuk klik centang A-I .

Gambar: A-I Add Index Primary Key

Jika sudah mencentang A-I makan akan keluar kotak konfermasi Primary Key anda hanya tinggal klik Go setelah itu Selesai database kita maka selanjutnya bagaimana kita membuat halaman untuk mengisi dari colom tabel tersebut secara otomatis tidak lagi menggunakan akses ke database lagi.

D. Membuat Tabel Dengan SQL

Jika sudah mengikuti langkah di atas sebenar itu sudah benar cuman dalam langkah ini lebih simpel lagi karna menggunakan scrip SQL langkah ini sangat simple dan mudah pekerjaannya, tapi bagi yang sudah faham SQL di MySQL jika tidak faham silahkan mengikuti langkah-langkah di atas. Beriktu langkah-langkahnya.

Gambar: Buat Database dengan SQL

Langkahnya, klik pada nama database di samping kiri lalu klik pada menu SQL isi colom SQL sesuai konsep database yang dibutuhkan contoh sriap berikut ini:
CREATE TABLE operator(
    No VARCHAR (20) NOT NULL,
    Judul_buku VARCHAR (255) NOT NULL,
    Pengarang VARCHAR(255) NOT NULL,
    Tahun DATETIME NOT NULL,
    PRIMARY KEY (No)
);

Penjelasan: 

a. Baris pertama menambahkan database dengan nama operator
b. Baris kedua colom No dengan panjang 20 karakter
c. Bari Ketiga tabel dengan judul buku type Varchar panjang karakter 255
d. Baris keempat pengarang dengan type Varchar panjang karakter 255
e. Baris kelima Tahun dengan tyoe Datetime
f. Baris keenam Promary Key Dari baris pertama

E. Bagaimana Mengisi Tabel Database

Sekarang kita memasuki bagaimana cara mengisi tabel di dalam database cara ini sangat gampang jika kalian pembuat database, jika orang yang tidak faham mengisi database tentu bingung hehe.
sebenarnya mengisi tabel didalam database hanya uji coba saja apakah sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak, itu saja sebenarnya.

F. Langkah-Langkah Mengisi Tabel DataBase

Untuk mengisi tabel di dalam database ada beberapa cara yang pertama menggunakan langsung akses url database mysql ini tapi cara hanya digunakan uji coba dalam sebuah pengisian tabel apakah sesuai keingginan atau tidak yang kedua menggunakan php, langkah ini harus memahami scrip terlebih dahulu, dan langkah ini digunakan oleh progremer untuk membuat sebuah website sistem informasi, untuk memulai langkah-langkanya ikuti langkah berikut:

Gambar: Tampilan Tambah Data Dalam Tabel

yang pertama kita harus memilih nama database databuku yang mau diisi lalu klik tabelnya buku, selanjutnya klik pada menu insert di atas dan isikan tabel di bawahnya sesuai baris colom nama di samping kirim colom jika sudah selesai, selahkan klik Go maka akan terinput data yang kita masukkan pada tabel tersebut.

Gambar: Isi Tabel didalam Database MySQL

disini terisi data dalam tabel sesuai yang saya isikan dengan mengikuti langkah-langkah diatas cara ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun, jika sudah melalui tahap-tahap sesuai panduan dari atas, sekian dari tutorial kali ini semoga bermamfaat.

G. Kesimpulan

Cara di atas sangat di lakukan oleh siapun jika sudah membaca dan mengikuti sesuain panduan diatas, dan cara di atas hanya untuk pemula saja untuk langkah selanjutnya silahkan ditunggu di artikel selanjutnya sekian terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
©2019 Anwari.web.id