Skip to main content

Tips Cara Menjawab Pertanyaan Penguji Tugas Akhir

Kali ini saya mau membagikan tips cara menghadapi dan menjawab dari pertanyaan dari seorang dosen penguji di kala sidang tugas akhir di kampus, semoga bermamfaat bagi para pembaca, sebelumnya untuk mengetahui tatacara menjawab dari pertanyaan penguji saya mau membahasa apa itu tugas akhir di awal artikel kali ini.


Apa Itu Tugas Akhir

Tugas Akhir Adalah Suatu karya ilmiah yang buat atau disusun oleh mahasiswa tingkat akhir atau semester akhir berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan bersama dosen pembimbing, dan tugas akhir sebagai persyaratan kelulus dari suatu kampus yang berbasis teknologi.

Dan tugas akhir ini sering di takuti oleh banyak mahasiswa  tingkat akhir dikarenakan langsung berhadapan dengan seorang dosen pakar dan para ahli dibidangnya, dan banyak mahasiswa di kala semester bawah sangat lancar menhadapi semester di bawahnya tapi tersendat di tingkat akhir, bahkan nyerrah di tengah jalan sebelum ujian dilakukan dengan banya faktor yang mempengaruhi, dan banya juga gagal waktu sidang dikarnakan takut dan minder dikala ujian tugas akhir, yang seperti ini perlu diberikan tips-tips agar mahasiswa lancar menjawab dan mempersentasikan hasil karyanya dan mempertahankan karyanya di kala sidang.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Bawaslu Kabupaten Sampang Berbasis WEB

Tips Pertama Agar Penguji Tidak Bosan 

 Didalam tips yang saya berikan ini banyak macam cara di antaranya sebagai berikut.

1. Conten Tugas Akhir Milik Sendiri

Pastikan semua Tugas Akhir yang di susunnya asli buatan sendiri bukan beli atau di susun oleh orang lain, karna dengan bukan karya sendiri akan mengakibatkan mindernya atau merasa ketidakmampuan dirinya dalam isi konten tugas akhir, bisanya terpengaruh di dalam sebuah persentasi dikarnakan banyak ketidak tauan yang ada dalam susunan tugas akhirnya.

Solusinya

Jika terjadi yang namanya content artikel tugas akhirmu bukan milik sendiri pastikan saudara memahami bettul-bettul isi content yang terdapat dalam laporan tugas akhirnya, entah dengan belajar sama yang membuatin atau dipelajari sendiri seperti apa studinya dan proses dalam pembuatan tugas akhir tersebut.

2. Slide Persentasi

Slide persentasi harusnya dibuat dengan semenarik mungkin, maksudnya adalah bagaimana membuat slide persentasi itu tidak membosankan penguji, karna pertama kali diliat penguji slide persentasinya, jika slide persentasi sudah tidak menarik atau amburadul atau tulisan kurang begitu jelas dengan warna latar belakang, atau copy paste laporan ke slide persentasi ini akan mengakibatkan dosen pengguji males mau mendengarkan persentasinya, di karnakan persentasinya sudah banyak kekurangan.

Solusinya 

Slide persentasi pertama harus jelas tulisan tidak boleh sama dengan latar belakang agar tulisan jelas dan dapat di liat oleh penguji, buatlah slide se simpel mungkin bagaimana dalam persentasi mewakili point yang mau disampaikan, misal latar belakang menggunakan text yang simpel, dan lengkapi  dengan gambar sesuai dengan latar belakang masalah, begitupun selanjutnya di slide-slide seterusnya, biasanya gambar mewakili persentasi dan sekaligus penguji lebih fokus sama gambar yang sesuai dengan studi kasus.

Waktu Pembuatan Slide

Pastinya dalam pembuatan slide benar-benar di jauh-jauh hari, agar punya imajinasi yang luas membuat persentasi karna didalam persentasi tidak cukupkan dengan text saja paling tidak di lengkapi dengan gambar yang sesuai dengan studi kasus tugas akhir kita, fikirkan bagaimana slide itu menarik perhatian para pengguji.

3. Tidak Gugup 

Tentunya dalam persentasi harus menguasai panggung jika tidak menguasai keseluruhan paling tidak kita punya sedikit panggung yang harus kita miliki, gugup biasanya terjadi karna tidak tau apa isi content atau minder dengan isi apa didalamnya tugas akhirnya, artinya takut salah takut tidak cocok atau bahka menurutnya tidak layak untuk dipersentasikan, pemikiran yang seperti ini harus kita buang jauh-jauh ini sangat berbahaya untuk menghadapi pengguji.

Mengatasi Dari Permasalahan


Gugup

Tips agar tidak gugup, cara ini mungkin sangat gampang di atasi, yang pertama kuasai isi content tugas akhirnya, dan harus punya anggapan bahwa yang kalian yang mau dipersentasikan mau cerita tentang bagaimana membuat tugas akhir kita alurnya terus pembuatannya meminta data, setelah data didapat mau diapain kenapa muncul studi tersebut, pada intinya bukan mau studi banding, dengan punya anggapan seperti itu kita sedikit lega tentang persentasinya.

Minder

Agar tidak terjadi yang namanya minder pastikan anda punya pemikiran bahwa penguji tidak menguasai content isi sebeluk-beluknya content yang anda buat, karna kesebukan dosen atau dengan banyaknya studi tentang isi content tersebut, dan pastikan anda sudah mempunya banyak referensi jurnal penelitian tentang isi-isi content yang anda buat, dengan ini anda punya kekuatan penuh.

Baca Juga: Judul Tugas Akhir Teknik 2019

Tips Cara Menjawab Pertanyaan Penguji Tugas Akhir

Untuk mambantu mahasiswa mengatasi persoalan yang terjadi dikala ujian seminar tugas akhir dengan pertanya-pertanyaan dari seorang penguji.

1. Pertama Mahasiswa memberikan ucapan terima kasih kepada pembimbing yang bersedia membimbingnya sampai tersusun laporan tersebut dan ucapkan terima kasih ke semua yang membantu dalam penyusunan tugas akhirnya, dan juga memberikan terima kasih terhadap penguji sudah sudi memberikan waktunya untuk menguji tugas akhirnya, dan setelah itu dicukupkan cara banyak basa-basi.

2. Dikala saat ada pertanyaan dari penguji pastikan Jawaban di mulai dengan mengulang pertanyaan dengan singkat. Contoh. terkait denga metode yang digunakan dalam tugas akhir ini ada dua metode yang di pakai bla-bla. Dengan adanya hal itu biasanya akan menyambungkan jawaban dengan pertanyaan, dan mempunya kesempatan kita berfikir banyak tentang hal jawaban yang tepat.

3. Pastikan menghindari jawaban yang kesannya menantang penguji meskipun terkadang pertanyaan seorang penguji menyalahkan anda dalam sebuah penyusunan tugas akhir. Contoh jawaban kurang pas ,Salah bu , Bukan Bagitu, Tapi Kan, atau tidak mungkin begitu, kritis dalam menyampaikan kejujuran dan kebenaran itu baik tetapi umumnya tidak ada orang yang suka dibantah secara terang-terangan.

4. Untuk memulai menjawab dengan kesan yang baik meskipun membantah. Contoh: “Pertama saya menduga dengan demikian setelah mempelajaro penelitian sebelumnya tapi setelah berkali-kali melakukan percobaan, ternyata ada perbedaan hasil. Setelah melakukan analisis, ternyata perbedaan ini terjadi karena faktor-faktor lain bla bla bla”

5. Jika terjadi pertanyaan dan anda tidak bisa menjawab jangan mengatakan 'tidak tahu' jawaban yang Bagus dan cerdas. Misal “maaf penelitian ini tidak membahas aspek X sehingga saya tidak bisa menjelaskannya” atau “saya baru sadari bahwa aspek X punya pengaruh penting. Sayang sekali, fokus penelitian ini adalah aspek A dan B saja Pak/Bu.

6. Jangan sekali-kali menjawab dengan pasrah seolah dirinya tidak bisa sama sekali bahkan menjawab "hanya kamampuan saya begitu" Jawaban ini menunjukkan merendahkan dosen penanya dan merendahkan dirinya dengan tidak mau berusaha. Menhindar pertanyaan dengan kreatif, adalah dengan jawaban

7. Ngeles dengan cerdsa saat tidak tahu dengan jawaban pertanyaan dosen, jawaban yang cerdas yaitu "Mohon maaf saya kurang faham dengan hal itu tapi saya menemukan bahwa ada faktor lain yang lebih mempengaruhi Y" pada intinya jawaban ini tidak benar-benar tidak bisa menjawab.

8. Saat kamu tahu jawaban dari pertanyaan sang Penguji anda menjawab dengan tegas dan cerdas jika perlu anda tambahkan dengan kata-kata pemanis bahkan tunjukkan gambar yang dislide persentasi, biar seolah-olah anda sangat profesional dalam menjawab sebuah pertanyaan dari seorang penguji.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Wajib Pajak Di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Berbasis Web

9. Terkadang ada kalanya Penguji tidak membaca content  tugas akhir karna kesibukan beliau di luar sana, jika terjadi hal seperti itu anda harus menjelaskan secara mendasar agar dosen faham betul isi content dari hasil tugas akhir, anda bisa berlatih dalam menjalaskna isi content dengan temen-temenmu atau dengan kerabat dekat dirumahmu atau kluargamu.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Wajib Pajak Di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Berbasis Web

10. Kadang terjadi ada penguji bukan di bidang tugas akhir mahasiswa permasalahan seperti ini kadang keadaan semakin runyam, bila tidak terjadi hal seperti ini, anda belajar menjelaskan kepada mahasiswa yang bukan jurusanmu, jika temenmu mengerti apa yang dijelaskan mengerti maka dosen penguji akan juga mengerti.

Kesimpulan

Dari segian dari penjelasan di atas bahwa dalam menghadapi tugas akhir mahasiswa benar-benar faham betul isi content dan menjaskan secara lugas dan tegas dan memberikan pemahaman yang bagus kepada dosen penguji, jika ada pertanyaan silahkan jawab dengan sopan sesuai tuntunan di atas, sekian terima kasih dari penulis semoga bermamfaat buat adek adek.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar