Skip to main content

Contoh Proposal Tugas Akhir Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Bawaslu Kabupaten Sampang Berbasis WEB

Latar Belakang

Setiap instansi perusahaan, pemerintah atau pendidikan membutuhkan suatu Aplikasi didalam menjalankan aktifitas kerjanya sehingga lebih teratur dan terarah dengan waktu yang lebih efisien. Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Sampang merupakan salah satu lembaga penyelenggaraan pemilu yang berada di wilayah kerja Kabupaten Sampang. Pemilihan umum telah menjadi fenomena global dan telah dipraktikkan, namun demikian fenomena pemilu masih menunjukkan bahwa pemilu tidak bisa lepas dari berbagai pelanggaran dan kecurangan. Dalam konteks inilah, konsep integritas pemilu menjadi penting karena napas yang menjiwai pemilu adalah politik yang memiliki sifat dasar “menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan dan kekuasaan”. Salah satu fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah melakukan pengawasan tahapan dan pencegahan pelanggaran pemilu.

Terdapat fungsi bawaslu yang strategis dan signifikan, yakni bagaimana menghindari potensi pelanggaran pemilu muncul dengan menjalankan strategi pencegahan yang optimal. Agar berperan efektif, setiap laporan pengawasan pemilu dapat lebih tajam dan menjadi fakta hukum yang dapat ditindaklanjuti sesuai mekanisme regulasi yang mampu memberikan efek jera bagi upaya mengurangi potensi pelanggaran sehingga tujuan keadilan pemilihan umum dapat tercapai. Bawaslu hadir menjadi solusi terhadap berbagai tuntutan untuk melakukan pengawasan dan penindakan atas berbagai pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh siapapun, termasuk kepada penyelenggara pemilihan umum karena mereka tidak luput dari potensi melakukan pelanggaran. Pada sisi lain, harapan masyarakat terus meningkat atas peran dan kiprah bawaslu ke depan. Bawaslu telah memakai aplikasi dan pemakaian perangkat komputer dalam menjalankan kerjanya, tetapi masih menyulitkan masyarakat dalam pelaporan pelanggaran pemilihan umum dan lainnya.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Dan Pendataan Guru Smpn 3 Sampang Berbasis Web

Disisi lain, susah nya membuat laporan jika menemukan pelanggaran pemilu, cara yang banyak dilakukan masyarakat dengan mendatangi dan melaporkan pelanggaran yang diketahui kepada pengawas pemilu terdekat, dan ada juga cara lainnya dengan melaporkan temuan pelanggaran menggunakan Aplikasi WhatApp, atau mengisi formulir laporan secara online pada laman resmi Bawaslu yang sulit dan berbelit-belit yang sangat membutuhkan waktu yang lama.Regulasi teknis pengawasan serentak belum tersedia memadai, Panwaslu Kabupaten/Kota, panwaslu Kecamatan, dan Pengawas TPS yang bersifat tidak tetap atau bergonta-ganti,sehingga laporan tersebut susah diproses ketika petugas berada dilapangan dan salah satu faktornya ialah membuat keterlambatan memproses data laporan tersebut.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Website Dan Pendataan Alumni


Sebagai permasalahan dari solusi permasalahan diatas, maka pengembangan aplikasi sangat menunjang untuk mengurangi permasalahan tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengembangkan suatu aplikasi yang penulis beri judul “ Perancangan Pengembangan Aplikasi Bawaslu (badan pengawas pemilu) Kabupaten Sampang Berbasis WEB ”.

B.Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat mengidentifikasikan beberapa masalah yang akan dijadikan acuan dalam perancangan, yaitu :
  1. Pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama karena kurang baiknya suatu sistem penghubung antara masyarakat dan bawaslu.
  2. Banyak nya  pelanggaran-pelanggaran dalam pemilu yang sulit dilaporkan ke bawaslu.

  3. Keterlambatan memproses laporan pengawasan pemilu ketika petugas berada dilapangan.


C. Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah  diatas dan agar tidak terjadinya penyimpangan pembahasan maka penulis membatasi permasalahan yang dibahasPerancangan Pengembangan Aplikasi Bawaslu dalam laporan pengawasan pemilu.

D.Rumusan Masalah

Sesuai latar belakang masalah yang telah dijelaskan diatas, maka dapat dirumuskan bahwa penelitian yang akan di bahas adalah “ Bagaimana Merancang Pengembangan Aplikasi dalam mengatur hasil laporan pengawasan pemilu dalam bawaslu dan bagaimana memudahkan pengawasan ketika dilapangan”.

E.Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :
  1. Mengembangkan suatu Aplikasi Media Komunikasi penghubung antara masyarakat dengan bawaslu.
  2. Mempermudah masyarakat memberikanpelaporan pelanggaran-pelanggaran dalam pemilihan umum.
  3. Mempermudah petugas dalam melaksanakan pengawasan pemilihan umum dilapangan.

F. Kegunaan Penelitian

Manfaat dan kegunaan dari penelitian ini adalah :

  1. Mempermudah pelaporan pelanggaran-pelanggaran dalam pemilihan umum.
  2. Memudahkanpengawasan pemilihan umum ketika dilapangan.
  3. Sebagai tambahan referensi bagi pembaca yang akan melakukan penelitian.
  4. Sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Program Sarjana S1 Sistem Informasi Universitas Islam Madura.


Bisa Anda Dapatkan Laporan Fullnya Dengan Menekan LinkDownload
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar