Sistem Basis Data

Sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan saturate fungsi dan tugas khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses tertentu. Sebuah kendaraan dapat mewakili sebuah sistem yang terdiri atas komponen pemantik/starter (untuk memenuhi pengapaian), komponen pengapaian (untuk pembakaran BBM yang membuat torak bekerja), komponen penggerak/torak (untuk mengerakkan roda), komponen pengereman (untuk memperlambat dan menghentikan gerakan torak dan roda), komponen perlistrikan (untuk mengaktifkan speedometer, lampu, dan lain-lain) yang secara bersama-sama  melaksanakan fungsi kendaraan secara umum, yakni sebagai sarana transportasi.

Baca Juga: Komponen Sistem Basis Data


Basis Data hanyalah sebuah onjek yang pasif. Ia ada karena ada pembuatnya. Ia tidak akan pernah berguna jika tidak ada pengelola dan penggeraknya. Yang menjadi pengelola atau penggeraknya secara langsung adalah program/aplikasi (sofware). Gabungan keduanya (basis data dan pengelolanya) menghasilkan sebuah sistem. Karena  itu, secara umum sebuah Sistem Basis Data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan tabel data yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer) dan sekumpulan program (yang biasa disebut DBMS/Data Base Managemnet System) yang memungkinkan beberapa pemakai dan / atau program lain untuk mengakses dan memanipulsai tabel-tabel data tersebut.

Baca Juga: Operasi Dasar Basis Data

Lebih jauh lagi, dalam sebuah sistem basis data, secara lengkap akan terdapat komponen-komponen utama sebagai berikut:
a. Perangkat keras (hadware)
b. Sistem Operasi (Operating System)
c. Basis Data (Database)
d. Sistem (Aplikasi / Perangkat Lunak) Pengelola Basis Data (DBMS)
e. Pemakai (User)
f. Aplikasi (Perangkat Lunak) Lain (yang bersifat optional, artinya tidak harus ada)
Next Post Previous Post
2 Comments
  • moh dani111
    moh dani111 March 31, 2020 at 11:27 PM

    This comment has been removed by the author.

  • ali rois
    ali rois April 3, 2020 at 10:35 PM

    ALI RAIS IBRAHIM (2017020100062)

    A. Kecepatan dan Kemudahan. Dengan basis data user dapat melakukan entri, penyimpanan, perubahan data dengan cepat, selain itu saat dibutuhkan data tersebut lebih mudah dan cepat untuk didapatkan kembali.
    B. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space). Dengan adanya basis data akan mengurangi kerangkapan data dan menghemat ruang untuk penyimpanan data
    C. Keakuratan (Accuracy), melalui basis data semua data yang tersimpan akan lebih akurat karena setiap data diberi kode untuk keunikan data tersebut.
    D. Ketersediaan (Availability). Data yang sudah tidak digunakan lagi dapat dipisahkan dari database yang aktif.
    E. Kelengkapan (Completeness). Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu.
    F. Keamanan (Security). Saat pengguna dibedakan hak aksesnya maka akan menambah tingkat keamanan data pada sebuah basis data. Karena tidak semua orang bebas mengakses data tersebut, sehingga data tersimpan aman.
    G. Kebersamaan (…

Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here