Skip to main content

Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Website Dan Pendataan Alumni

Latar Belakang

Informasi tentang pendidikan menjadi kebutuhan umum bagi masyarakat di Indonesia saat ini, banyak orang tua siswa yang bingung dalam menentukan sekolah yang baik untuk putra-putrinya. Hal itu dikarenakan informasi yang masih minim tentang sekolah-sekolah yang ada khususnya di pelosok Kabupaten Pamekasan. Untuk itu diperlukan suatu sarana informasi tentang sekolah yang ada di Kabupaten Pamekasan yang mampu memuat visi-misi, akreditasi sekolah, lokasi, sarana prasarana, kegiatan ekstrakuri kuler, dan juga prestasi-prestasi yang diraih sekolah. Sehingga nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya orang tua dalam menentukan sekolah yang sesuai untuk putra-putrinya. Sedangkan bagi pihak yayasan atau sekolah, teknologi informasi menjadi hal penting untuk bisa mempromosikan dan meningkatkan mutu sekolah.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Web Dinas Pendidikan

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Dan Pendataan Guru


Namun, upaya peningkatan mutu sebuah sekolah tidak bisa dibebankan hanya pada sekolah. Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah(MPMBS) diperlukan sinergi dan kerjasama antara beberapa komponen (stakeholders)yang melingkupi sekolah(Departemen Pendidikan Nasional 2002). Di antara komponen tersebut adalah alumni. Alumni merupakan aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan sedini mungkin. Peran alumni antara lain, sebagai katalis dengan memberikan berbagai masukan membangun kepada almamater dan diharapkan mampu mengembangkan jaringan serta  membangun pencitraan institusi di luar. Kerjasama dan sinergi yang harmonis antara sekolah dengan alumni akan memiliki dampak yang besar bagi pengembangan sekolah secara berkesinambungan di masa mendatang. Didasari hal tersebut maka jalinan komunikasi antara sekolah dengan alumni harus terus berjalan baik. Sekolah harus memiliki data informasi alumni sesudah lulus dari sekolah, semisal riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dsb. Selama ini untuk melakukan pendataan tersebut baru dilakukan dengan cara konvensional. Pengelolaan data alumni yang masih menggunakan cara konvensional, mengakibatkan pengelolaan data tidak dapat dikerjakan dengan cepat dan masih sering terjadi kesalahan serta sulit untuk diperbarui.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Bawaslu

Berdasarkan latar belakang di atas, dalam penelitian ini peneliti akan membangun sebuah Sistem Informasi Sekolah sekaligus Sistem Pendataan Alumni. Sehingga nantinya diharapkan dengan adanya sistem informasi tersebut dapat membantu sekolah mendistribusikan informasi kepada khalayak umum serta meningkatkan efektifitas pendataan para alumni.

Rumusan Masalah

1. Bagaimana merancang dan membangun Sistem Informasi Website Sekolah dan Pendataan Alumni?
2. Bagaimana sebuah sistem dapat menunjang pendistribusian informasi dan pendataan alumni?
3. Bagaimana merancang sebuah Sistem Informasi Website Sekolah dan Pendataan Alumni yang user friendly sehingga memudahkan user mengolah dan mencari data?

Tujuan Penelitian

1. Merancang dan membangun Sistem Informasi Website Sekolah dan Pendataan Alumni.
2. Dengan dibangunnya Sistem Informasi Website Sekolah dan Pendataan Alumni diharapkan dapat mempermudah sekolah mendistribusikan informasi dan pendataan alumni.
3. Merancang sebuah Sistem Informasi Website Sekolah dan Pendataan Alumni yang user friendly sehingga memudahkan user mengolah dan mencari data.

Manfaat Penelitian

1. Mahasiswa

1. Sebagai syarat tugas akhir
2. Bisa Menambah dan memperkaya wawasan tentang sistem informasi

2. Kampus

Sebagai bahan masukan bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan
Untuk menambah referensi sebagai bahan penelitian lanjutan yang lebih mendalam pada masa yang akan datang

3. Sekolah

1. Menjadi wahana dalam menggembangkan dan meningkatkan mutu Pendidikan dalam rangka menunjang pembangunan nasional
2. Mempermudah sekolah melakukan pendataan alumni
3. Mempermudah sekolah mendistribusikan informasi kepada peserta didik, pendidik, dan masyarakat umum

Batasan Masalah

1. Sitem informasi ini akan diterapkan di MA Darussalam
2. Sistem informasi ini berbasis Website
3. Data alumni yang akan dihimpun adalah data alumni MA Darussalam
4. Penghimpunan data alumni dilakukan dengan cara alumni mengisi form yang disediakan di Sistem Informasi Website Sekolah

Bisa Anda Dapatkan Laporan Fullnya Dengan Menekan Tombol Download Berikut Ini
Download
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar