Skip to main content

Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Wajib Pajak Di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Berbasis Web

Latar Belakang

Sistem informasi pengelolaan wajib pajak Bandan Keuangan Daerah Kabupaten Pamekasan adalah sistem informasi yang dapat mengelolah proses penetapan nilai pajak dan mengelolah data wajib pajak yang terdaftar di Bandan Keuangan Daerah Kabupaten Pamekasan . Proses kelola data penetapan nilai pajak dan kelola data wajib pajak sebelumnya dikerja secara manual sehingga menghasilkan output konvensional (kertas). Arsip pengolahan ini juga belum mempunyai media penyimpana berupa database sehingga rentan akan mengalami kerusakan bahkan kehilangan data. Adapun jika terjadi perubahan data, akan menyulitkan pihak terkait dalam mencari arsip yang mengalami perubahan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses kelola penetapan nilai pajak dan data wajib pajak dapat dikerjakan dengan lebih optimal.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Bawaslu

Sistem Informasi yang dibangun memiliki kemampuan fungsional untuk mengelola data wajib pajak retribusi daerah kabupaten. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem informasi ini dapat melakukan pengelolaan data wajib pajak retribusi daerah badan keuangan kabupaten, yang terkomputerisasi dan data yang diolah tersimpan kedalam database, sehingga mudah mengakses setiap data yang tersimpan jika mengalami perubahan data.
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan merancang sistem informasi Badan Keuangan Daerah dengan judul “Sistem Informasi Wajib Pajak Di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pamekasan Berbasis Web”.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Dan Pendataan Guru

B. Identifikasi Masalah


Berdasarkan latar belakang di atas dapat diidentifikasikan beberapa permasalahan yang muncul antara lain :
1. Penyimpanan data yang masih dilakukan dengan cara manual.
2. Sering terjadinya kekeliruan dalam pengelompokan data.
3. Kurangnya media dalam menyimpan data.

C. Batasan Masalah

Agar pembahasan yang di lakukan lebih terarah, maka penulis memberikan batasan-batasan masalah yaitu Sistem yang dibangun hanya membahas tentang rekapitulasi data pajak Non-PBB.

D. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka dapat diambil suatu rumusan masalah yaitu bagaimana merancang Sistem Informasi wajib pajak berbasis web di Badan Keuangan Dareah Kabupaten.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Web Dinas Pendidikan

E. Tujuan Penelitian

Dalam penulisan Tugas Akhir ini terdapat beberapa tujuan yang ingin penulis capai yaitu:
1. Untuk merancang dan membangun system informasi untuk membantu mempermudah pengolahan dan rekapitulasi data pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten.
2. Mempermudah pengolahan dan rekapitulasi wajib pajak di Badan Keuangan Daerah Kabupaten.

F. Kegunaan Penelitian

1. Sebagai implementasi dan pengembangan ilmu yang telah penulis dapatkan selama masa perkuliahan.
2. Sebagai bahan kajian dan masukan bagi Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pamekasan .
3. Membantu dan mempermudah pada saat proses retribusi, pengolahan data dan memeberikan informasi mengenai pajak tersebut.
4. Bagi masyarakat dapat memberikan datanya dengan mudah atau pun melihat data yang dapat di lihat di rumah tanpa harus ke instansi tersebut.
5. Sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana Program Sistem Informasi Universitas Islam Madura Pamekasan.

Baca Juga: Contoh Proposal Tugas Akhir Sistem Informasi Website Dan Pendataan Alumni

G. Metodologi Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

1. Field Research (Studi Lapangan)

Data yang diperoleh dalam penelitian dilapangan ini untuk melihat kenyataan yang sebenarnya dalam masalah yang diteliti dengan cara sebagai berikut :

a. Observasi

Teknik pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung ke Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pamekasan .

b. Interview

Dalam penelitian ini, wawancara dilakukan dengan tujuan untuk mendefinisikan dan menganalisa kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan. Wawancara dilakukan terhadap seorang kepala bidang tentang masalah yang menjadi objek pengamatan atau pembahasan.

2. Library Research (Studi Kepustakaan)

Penelitian kepustakaan ini ialah pengumpulan data dengan cara mempelajari berbagai literature, buku, hasil penelitian yang sejenis dan media lain yang mempunyai kaitan dengan masalah dan tema penelitian.

3. Laboratory Research (Penelitian Labor)

Penelitian ini dilakukan untuk mempraktek secara lansung analisa serta pembuatan program yang berguna untuk pengembangan sistem baru yang bermaksud dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam penyelesaian tugas akhir ini.
Laporan ini bisa anda dapatkan dengan cara menekan tombol download berikut ini

Bisa Anda Dapatkan Laporan Fullnya Dengan Menekan Tombol Download Berikut Ini

Bisa Anda Dapatkan Laporan Fullnya Dengan Menekan Tombol Download Berikut Ini
Download
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar