Skip to main content

Panduan Cara Daftar Pusat Layanan Tes Indonesia PLTI

Anwari.web.id - Kesempatan ini admin mau membagikan bagaimana cara mendaftar Pusat Layanan Tes Indonesia atau yang sering di sebut PLTI sama para dosen-dosen, bagi kalangan dosen pasti siapa yang tidak tau tentang PLTI ini pasti semuanya tau cuman bagi dosen yang baru-baru mungkin asing ya apa itu PLTI apalagi bagi para dosen yang baru mengajukan kepangkatan.


A. APA SAJA LAYANAN PLTI


Yang masi tertera di layanan web PLTI hanya ada layanan tes TKDA sama TOEP layanan dua ini banyak kegunaannya, diantaranya yaitu buat persayaratan Serdos, Pendaftaran NIDN dosen dan kenaikan pangkat dosen.

Gambar: Web PLTI

B. BAGAIMANA CARA MENDAFTAR PLTI


Baca Juga: Panduan Cara Daftar Pusat Layanan Tes Indonesia PLTI

Untuk mulai bagaimana cara mendaftar akun PLTI pastinya harus terhubung dengan internet karna online, dan menggunakan laptop atau pc bisa menggunakan smartphone boleh, daftar disarankan menggunakan NIDN atau No SIM dan nama lengkap sesuai edentitas para dosen atau guru.

1. Untuk mulainya mendaftar silahkan kunjungi llaman web plti.co.id Pilih Daftar Sekarang

Gambar: Login PLTI

2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut

Gambar: Registrasi PLTI online
3. Silahkan isi :
a. Username, dengan kata atau nomor yang unik mis (no NIDN, No SIM, nama panggilan dan lainlain). Sistem akan member peringatan jika user tersebut sudah terdaftar sebelumnya.
b. Email, dengan email yang aktif dan sering digunakan.
c. Password, huruf, angka, dan atau kombinasi diantaranya yang sifatnya rahasia, sulit ditebak tapi mudah Anda ingat. Perhatikan contoh berikut:

Baca Juga: Cara Mengatasi Excel Protected View

Gambar: form pendaftaran plti

4. Jika data tersebut valid, akan tampil pesan seperti gambar berikut:

Gambar: Validasi berhasil di plti
5. Buka email dan pastikan Anda menerimal email dari Pusat Layanan Tes Indonensia. Kemungkinan besar email termasuk masuk folder SPAM. Lihat contoh tampilan berikut:

Gambar: Email PLTI

6. Klik atau baca email tersebut. Pesan yang ada di dalam berisi . Kliklink verifikasi atau tulisan yang berwarna biru :
Gambar: Varifikasi Valid plti

7. Pada laman member.plti.co.id akan tampak pesan seperti berikut:

Gambar: Verifikasi plti

8. Silahkan login dengan user dan password yang telah dibuat sebelumnya oleh peserta, dengan klik tombol LOGIN

Gambar: Login plti

9. Sehingga akan tampil seperti gambar berikut:

Gambar: Beranda PLTI

10. Sebagai anggota baru, bisa dipastikan Anda belum melengkapi profil. Silahkan mengklik tombol SINI hingga muncul isian seperti di bawah. Isilah berdasarkan petunjuk pada keterangan di sebelah kanan.
Gambar: Profile User

11. Pastikan bahwa Anda mengupload pasfoto resmi yang paling update sesuai ketentuan (ukuran file maks 250KB) dan rasio foto 3x4. Foto tersebut akan tercetak pada sertifikat hasil tes Peserta yang tidak mengupload foto sampai sehari sebelum hari pelaksanaan tes akan ditolak oleh panitia saat pelaksanaan tes dan haknya untuk tes hilang.

Gambar: foto profile plti

12. Jika selesai, klik tombol Simpan Profil. Anda telah resmi menjadi anggota dan siap memilih tes termasuk lokasi tes (PLT). Untuk pemilihan tes silahkan lihat Panduan Pemilihan Jenis Tes dan Tempat Tes.

Gambar: Tombol Selesai Plti

13. Sekilan tutorail ini

Baca Juga: Tata Cara Pembayaran PLTI

B. PANDUAN PEMILIHAN JENIS, LOKASI, DAN JADWAL TES TOEP dan/atau TKDA

1. Peserta login pada https://member.plti.c.id menggunakan username dan password yang sudah dibuat. Kemudian akan muncul beberapa menu di bawah foto profil. Pemilihan tes dapat dialkukan dengan memilih (klik pada) menu Pilih Tes.

Gambar: Halaman User awal

2. Pilih salah satu TKDA atau TOEP sesuai jenis tes yang diinginkan. Jika akan mengikuti kedua jenis tes, maka peserta HARUS melakukan pemilihan masingmasing jenis tersebut (dilakukan satu persatu).

Gambar: Member PLTI

3. Peserta kemudian akan diarahkan pada pilihan periode tes dan pilihan lokasi tes atau Pusat Layanan Tes (PLT) . Sebagai contoh pada panduan ini adalah tes TKDA, untuk tes TOEP lakukan cara yang SAMA.
Gambar: Pilihan Jenis Tes

4. Klik tombol panah ke bawah pada menu Pilih Periode Tes dan Pilih PLT. Pilih periode aktif (paling atas) dan PLT yang dituju dengan cara mengetik nama PLT/Universitas. Jadwal tes dapat dipilih pada menu action, dengan cara klik menu pilih tes. Contoh tampilah tawaran sesi tes dapat dilihat pada gambar berikut. Jika pilihan PLT tidak muncul, pastikan browser yang digunakan adalah Google Chrome atau Internet Explore.

Gambar: Periode tes plti

5. Setelah memilih tes sesuai dengan jadwal, peserta kemudian akan diminta untuk memilih Peruntukan Tes, yaitu untuk tujuan apa tes ini Anda Ikuti. Klik tombol anak panah kebawah kemudian klik OK. Pastikan peruntukan tes tersebut diisi dengan benar. Jika berhasil, Peserta akan melihat tampilan seperti gambar berikut:
Gambar: Untuk Penentuan Jenis Persyaratan

6. Klik menu Riwayat tes. Kemudian klik Bayar Menggunakan Dokumen. (Lihat PANDUAN PEMBAYARAN TES PLTI MELALUI DOKU)

7. Setelah melakukan pembayaran, log in kembali ke laman https://member.plti.co.id dan klik menu Riwayat Tes kemudian cetak Kartu Tanda Peserta Tes (KTPT) pada bagian Dokumen.
Gambar: Cetak Kartu Ujian

8. Contoh kartu peserta tes sebagai berikut.

Peserta diharuskan membawa Kartu Tanda Peserta Tes (KTPT) dan Kartu Identitas (KTP/SIM) pada saat akan mengikuti tes.

Gambar: Kartu Peserta Plti
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar