Skip to main content

Tata Cara Pembayaran PLTI

Anwari.web.id - Kali ini saya mau membagikan tata cara bagaimana mengenai pembayaran di plti. kadang temen-temen ada yang bingung mengenai hal tatacara pembayaran, sering saya jumpai banyak temen kawan tanyak pada saya tentang hal pembayaran di plti, dari itu saya punya inisiatif untuk membuat postingan tentang pembayaran TKDA.

1. TENTANG PEMBAYARAN BIAYA UJIAN


Pembayaran biaya ujian TOEP Rp330.000,00 (tiga ratus tiga puluh ribu rupiah), dan untuk TKDA Rp330.000,00 (tiga ratus tiga puluh ribu rupiah) dengan rincian biaya tes Rp 300.000,00 ditambah dengan PPN 10%). Apabila peserta akan mengikuti 2 jenis tes (TOEP dan TKDA), peserta akan memperoleh 2 (dua) nomor pembayaran sehingga peserta juga harus melakukan 2 (dua) kali transaksi pembayaran. Peserta atau pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening PLTI, karena sudah otomatis muncul beberapa pilihan pembayaran di channel pembayaran yang dipilih.

2. PERLU DIPERHATIKAN TENTANG PLTI


Baca Juga: Panduan Cara Daftar Pusat Layanan Tes Indonesia PLTI

Perlu diperhatikan bahwa bagi peserta yang sudah melakukan pembayaran dan melakukan kesalahan pada prosedur pembayaran, uang TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun. Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti tes sesuai lokasi tes dan jadwal yang dipilihnya, maka hak mengikuti tesnya dianggap HANGUS. Oleh karena itu pastikan Anda memilih jenis tes, tempat pelaksanaan tes dan waktu tes yang SESUAI dan mengikuti prosedur pembayaran dengan BENAR. Pastikan pula kode pembayaran sudah benar sebelum melakukan transaksi.

3. PEMBAYARAN PLTI


Pembayaran tes TOEP dan TPDA PLTI dapat dilakukan dengan beberapa channel pembayaran sebagai berikut:

1. Virtual Account
2. Mandiri Clickpay
3. ALFA Group
4. Credit Card
5. Teller Mandiri
6. ATM Mandiri
7. Internet Banking Mandiri


Mulai tahun 2018, pembayaran tes TOEP dan TKDA PLTI tidak melalui Bank Mandiri, tetapi menggunakan DOKU PAYMENT dengan beberapa channel pembayaran sebagai berikut:
1. Kartu Kredit berlogo Visa, Mastercard, dan JCB
2. Mandiri Clickpay
3. Bank Transfer (Virtual Account) (Ppembayaran melalui ATM atau Internet Banking, bisa dilakukan melalui rekening apa saja)
4. Conveniece Store ALFA GROUP (Alfamart, LAWSON, DAN+DAN, Alfamid, dan Alfa express)

4. BATAS WAKTU PEMBAYARAN PLTI


Baca Juga: Aplikasi Desain Grafis Online dan Logo

Seluruh channel pembayaran yang dipilih memiliki batas waktu pembayaran 6 (enam) jam dari waktu pemilihan channel pembayaran. Setelah batas waktu tersebut 6 (enam) jam habis dan calon peserta belum melakukan pembayaran, maka kode pembayaran sudah tidak valid dan calon peserta peserta tidak bisa mendapatkan kode pembayaran yang baru. Untuk mendapatkan akses memilih sesi tes yang baru jika peserta melewati batas waktu tersebut 6 (enam) jam, calon peserta harus menghubungi Call Center kami di nomor 08041456789 atau melalui layanan email ke alamat sebagai berikut: 1. helpdeskplt1@gmail.com; 2. helpdeskplt2@gmail.com; 3. helpdeskplt3@gmail.com. *) Pilih salah satu alamat email saja, atau bisa CC ke alamat email yang lain jika ingin mengirimkan ke semua alamat email.

Adapun alur pembayaran adalah sebagai berikut: 1. Klik menu Riwayat Tes, pilih jenis tes yang akan dibayar (TOEP dan/atau TKDA). 2. Klik Bayar Menggunakan Doku. 3. Pilih channel pembayaran yang menurut Anda paling mudah dilakukan (Ingat, batas waktu melakukan pembayaran adalah 6 (enam) jam dari saat memilih channel pembayaran). 4. Ikuti langkah-langkah pembayaran sesuai dengan channel yang diipilih.

Setelah melakukan pembayaran peserta dapat mencetak Kartu Tanda Peserta Tes (KTPT) di laman https://member.plti.co.id pada menu Riwayat Tes.

5. TATA CARA PEMBAYARAN MENGGUNAKAN ATM MANDIRI


Pembayaran bisa menggunakan ATM Mandiri dimanapun, menggunakan menu-manu sebagai berikut ini.

a. Masukkan ATM Terlabih Dahulu
b. Masukkan PIN ATM lalu pilih menu BAYAR
c. Kemudian pilih sub menu PENDIDIKAN
d. Masukkan kode penyedia jasa yang dapat dilihat pada DAFTAR KODE pada layar
e. Masukkan kode pembayaran yang diperoleh dari laman http://member.plti.co.id. Satu kode pembayaran untuk satu jenis tes (TOEP saja atau TKDA saja).
f. Muncul menu konfirmasi identitas peserta, Pilih item pembayaran Pusat Layanan Tes Indo, ketik nomor urut yang ada disamping kiri. Jika sudah benar, pilih YA
g. Pastikan muncul tulisan transaksi sukses pada layar, dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran.
h. Peserta harus melakukan 2 (dua) kali transaksi pembayaran jika akan mengikuti 2 jenis tes (TOEP dan TKDA), sehingga peserta harus memiliki 2 struk pembayaran.
i. Kode verifikasi akan muncul pada hasil print out bukti transaksi melalui ATM. Kode verifikasi untuk setiap jenis tes pada masing-masing peserta akan berbeda. Silakan melakukan 2 (dua) kali transaksi untuk mengikuti 2 (dua) jenis tes.

Baca Juga: Aplikasi Desain Grafis Online dan Logo

6. PEMBAYARAN TELLER BANK MANDIRI


Calon peserta tes TOEP dan TKDA PLTI dapat membayar biaya untuk mengikuti tes TOEP dan TKDA melalui counter teller di seluruh cabang Bank Mandiri setelah melakukan pendaftaran di laman http://member.plti.co.id.

a. Formulir Multi Payment

Gambar: Formulir Bank Mandiri untuk pembayaran PLTI


Langkah Pengisian Formulir :
1. Pada kolom NAMA PERUSAHAAN diisi Pusat Layanan Tes Indonesia (10091)
2. Pada kolom NO. PELANGGAN diisi kode pembayaran
3. Pada kolom NAMA diisi nama penyetor atau pembayar
4. Pada kolom ALAMAT diisi alamat atau nomor telepon penyetor
5. Pada kolom TUJUAN TRANSAKSI diisi alasan transaksi, Misal : Pembayaran Tes ….... (TOEP atau TKDA)
6. Kode Verifikasi akan tercetak pada slip pembayaran sebagai berikut:

Gambar: PIN Verifikasi ke PLTI
7. Kode verifikasi akan muncul pada hasil print out. Kode verifikasi untuk setiap jenis tes pada masing-masing peserta akan berbeda. Silakan melakukan 2 (dua) kali transaksi untuk mengikuti 2 (dua) jenis tes.

7. FORMULIR SETORAN


Gambar: Formulir Multi Paymenti

Langkah Pengisian Formulir
1. Kolom nomor rekening tidak diisi (dikosongkan)
2. Pada kolom NAMA isikan Pusat Layanan Tes Indonesia (10091)
3. Isikan nama penyetor atau pembayar dan username
4. Isikan alamat atau nomor telepon penyetor
5. Isikan alasan transaksi,- Misal : Pembayaran Tes (TOEPatauTKDA)
6. Isikan dengan kode pembayaran dan jenis tes yang dipilih (misal TOEP atau TKDA)

8. INTERNET BANKING

a. Login Screen -> Masukkan User ID dan Password Internet banking:
b. Screen Pembuka -> Pilih menu Pembayaran, dan pilih menu Pendidikan:
c. Pada menu screen Pendidikan Pilih No Rekening yang akan didebet
d. Pada menu screen Pendidikan Pilih Pusat Layanan Tes Indo sebagai Penyedia Jasa
e. Masukkan : kode pembayaran yang diperoleh pada saat pendaftaran di laman http://member.plti.co.id
f. Screen Tagihan -> Pilih tagihan yang akan dibayar dengan memberi tanda tick (v):
g. Screen Konfirmasi & Pembayaran -> Masukkan Challenge Code pada Token PIN Mandiri, dan masukkan PIN yang dihasilkan Token tersebut.
h. Hasil Transaksi : Setelah transaksi sukses, secara otomatis akan ditampilkan Kode Verifikasi dan Nama Peserta sesuai dengan yang tercetak pada slip pembayaran biaya tes di PLTI. Kode verifikasi akan muncul pada hasil print out. Kode verifikasi untuk setiap jenis tes pada masing-masing peserta akan berbeda. Silakan melakukan 2 (dua) kali transaksi untuk mengikuti 2 (dua) jenis tes.

9. Sekian Turial Ini

Sumber Artikel : https://plti.co.id/page/panduan-peserta
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar