Belajar Digitasi Peta Menggunakan QGIS

Anwari.web.id - QuantumGIS adalah sebuah perangkat sofware Sistem Informasi Geografis (SIG) yang Open Source free bagi para pengemar SIG untuk pemetaan, sofware open source ini user friendly dengan menggunakan lisensi di bawah GNU General Public License. Kelebihan dari QGis dari pada aplikasi lain adalah berjalan di semua perangkat operating sistem (OS) diantarnya.
Windows, Mac, Unix, OSX dan Android, Serta bisa banyak mendukung format dan fungsionalitas dan vektor, raster, dan Basis Data.

Aplikasi Yang Harus Dipersiapkan


Setelah mengetahui apa itu aplikasi QuantusGIS (QGis) mari kita memasuki ke tutorail bagaimana digitasi peta cintra itu menggunakan QGis yang open source ini. Untuk pertama kali silahkan download terlebih dahulu Sofware QGis di lama resminya https://qgis.org/en/site/forusers/download.html , jika sudah terdownload silahkan di install dahulu. Dan selanjtnya Siapkan aplikasi Google Earth bisa di download di lama resminya Google Earth https://www.google.com/intl/id/earth/versions/#earth-pro jika sudah terdownload silahkan diinstal terlebih dahulu.


Bagaimana Cara Mengambil Koordinat Di Google Earth


Sebelum memulai digitasi kenali dulu menu-menu yang terdapat di google earth, berikut penjelas dari masing-masing menu yang di gunakan dalam pengambilan koordinat di google earth.

Daftar Menu-Menu Googlle Earth



Sebelum ke digitasi, mengambil koordinat dahulu di google earth untuk dijadikan koordinat referensi di qgis nantinya, bagaimana langkah-langkah pengambilan koordinat di google earth, caranya sebagai berikut ini:

Gambar: Daftar Icon Google Earth

Berikut ini daftar keterangan dari icon google eath sesuai dengan urutan pada gambar

Gambar: Tabel Keterangan Menu

  1. Pertama buka dahulu aplikasi google earth nya setelah itu perbesar sesuai keingginan , lebih jelasnya mungkin bisa liat gambar berikut ini.

    Gambar: citra sateli google earth daerah tambak garam Sumenep

  2. Pengambilan koordinat sistem, buat koordinat referensi di QGIS, berikut langkah-langkahnya. Klik menu Add Placemark jika masi bingung dimana letaknya bisa melihatnya di postingan di atas di daftar menu. Jika sudah melaukan klik pada menu add placemark maka akan kluar kotak komfermasi , lalu isikan name titik pertama lalu pilih model titik yang digunakan , saran saya silahkan menggunakan titik sepeti di gambar agar di saat penentuan koordinat referensi tepat sasaran. Selanjutnya tentukan dimana lokasi yang mau diambil titiknya koordinatnya dengan cara mengkeser titik lokasi yang terdapat pada peta, jika berhasil di pindah ditandai nilai kordinat akan berubah angkanya susai lokasi yang di tentukan. Lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut ini.


  3. Gambar: Pengembilan titik koordinat

    Jika sudah melakukan langkah diatas silahkan copy dahulu angka koordinat yang terdapat di latitude dan longitude ke excel. Lakukan dengan langkah yang sama seperti diatas dengan membuat 4 titik koordinat sampai selesai seperti gambar berikut ini.

    Baca Juga: Mengubah Koordinat Geografis Menjadi Universal Transverse Mercator UTM di Google Eath

    Gambar: Koordinat dan Peta

    Pastikan jangan lupa print scrint seperti gambar di atas jika sudah genap 4 titik koordinat, jangan lupa copy paste ke excel dari masing-masing titik yang terdapat di gambar peta, bisa di liat gambar di samping peta, buatlah table seperti di samping.Perlu di perhatikan jika koordinat angka tidak sama dengan koordinat yang di gambar silahkan lakukan setting dahulu, sesuai panduan artikel sebelumnya Mengubah Koordinat Geografis Menjadi Universal Transverse Mercator UTM di Google Eath.

Ambi Gambar


Lakukan pengambilan gambar pada google earth dengan menggunakan print scrint pada layar jika bisa menggunakan typr JPG, bisa menggunakan aplikasi untuk perekam layar atau menggunakan print scrin pada tombol kybor lalu pastekan di aplikasi office yang bisa menjadikan file JPG. Dalam tutorial ini mengambil gambarnya menggunakan aplikasi yang sudah familiar yaitu aplikasi lightshot aplikasi ini free bisa digunakan berbagai operating system, jika ingin menggunakan, silahkan download terlebih dahulu di laman ini: https://app.prntscr.com/en/index.html .

Gambar: Lighshot

Bisa langsung dicari menggunakan search engine google dengan memasukkan kata kunci lightshot, lalu download pilih sesuai operating system yang di gunakan, jika sudah silahkan di install terlebih dahulu aplikasinya jika sudah silahkan digunakan dengan menggunakan tombol lightshot di taksbar sesaui icon lightshot. atau bisa menggunakan tombol kybord Prtsc
Gambar: Hasil Print Srint Google Eath

Gambar ini merupakah hasil dari print scrint map google eath yang sudah dititik empat point yang nanti jadikan titik koordinat referensi di QuantumGIS, untuk menempatkan gambar pada koordinat sesuai lokasi yang telah di tetapkan di peta google map.

Digitasi Peta Dengan QuantumGIS


Daftar Menu Georeferencer


Sebelum belajar digitasi peta di QuantumGIs, terlibih dahulu belajar mengenali menu-menu yang terdapat dalam Plugins Georefencer, untuk mengetahu apa saja menu dalam plugins Referencer berikut daftar gambar menu dan penjelasan dari daftar menu.

Gambar: Daftar Manu Plugins Georeference

No Daftar Menu Keterangan
1 Open Raster: Membukan atau memasukkan gambar Raster ke Plugins
2 Start Georefencing Memulai Georefen
3 Generate GDAL Script Untuk Menghasilkan Skrip GDAL
4 Load GCP Point Menghasilkan Skrip GDAL
5 Save GCP Point As Menyimpan Poin GCP Sebagai
6 Transformation Setting Pengaturan Transformasi
7 Add Point Menambahkan Point
8 Delete Point Menghapus Point
9 Move Point GCP Memindahkan Point
10 Pan Mengeneralkan Cursor Mouse
11 Zoom Out Memperkecil Gambar
12 Zoom In Memperbesar Gambar
13 Zoom To Layer Memperbesar Ke Lapisan
14 Zoom Last Untuk Memperbesar Sebelumnya
15 Zoom Next Untuk Memperbesar Selanjutnya
16 Link Georefencer To QGIS Link untuk Georefencer ke QGIS
17 Link QGIS To Georefencer Link untuk QGIS ke Georefencer
18 Full Histogram Stretch Perangkangan Hitogram Penuh
19 Local Histogram Stretch Peregangan Histogram Lokal

Tabel di atas merupakan penjelasan dari menu georeferencer dan penggunaanya.
Selanjutnya jika sudah semua tahap di atas sudah di lakukan selanjutnya kita lakukan digitasi raster yang didapat di Google Eath dengan menggunakan aplikasi QuantumGIS, guna untuk merubah dari gambar raster menjadi polygon, kita lakukan beberapa langkah dibawah ini:

Aplikasi Quantum GIS


Terlebih dahulu silahkan buka aplikasi QGIs sesuai versi yang anda install di komputer. Jika sudah dibuka ikuti langkah berikut ini.
  1. Install Plugint Georeferent dengan menggunakan menu Plugins Management End Install Plugint
  2. Gambar: Plugins QGis

    langkah di atas merupakan cara install Plugins di QuantumGIS langkah di atas sangat mudah di lakukan, silahkan lakukan sesuai langkah diatas jika sudah kita ikuti langkah selanjutnya.
  3. Langkah selajutnya yaitu silahkan cek terlebih dahulu apakah penambahan plugins tersebut benar terinstall ke aplikasi atau tidak, bisa mengeceknya dengan dengan beberapa langkah di antaranya yaitu klik pada menu Raster selanjutnya klik pada menu georeference, maka akan keluar halaman khusus georefence, jika langkah di lakukan berhasil dan terbuka halaman dari goereference berarti install plugins berhasil dilakukan untuk melihat contoh dari halaman georeference dan langkahnya bisa anda lihat contoh gambar berikut ini.

  4. Gambar: Plugins QGis Georeference


Goereference QuantumGIS


Kita memasuki dibagian georeferen di quantumgis, bagian ini untuk memberikan koordinat pada raster yang di ambil di google map, kegunaanya untuk menyesuaikan koordinat peta google map dengan raster yang di ambil secara print scrint di Google Eath. Jika sudah selesai langkah di atas selajutnya kita masuk ke bagian Digitasi di peta QuantumGIS, di bawah ini.
  1. Untuk memulai untuk Georefence silahkan buka aplikasi QuantumGISnya terlebih dahulu, pilih menu Raster lalu pilih plugins Goereference maka akan keluar plugins halaman yang kita buka, lebih jelasnya Bisa anda lihat gambar berikut ini berserta langkah dan contoh plugins Georeference:


  2. Gambar: Plugins QGis Georeference

  3. Jika langkah diatas sudah dilakukan, masukkanlah gambar raster yang didapat dari printsrcrint dari google Eath dengan menggunakan menu Open Raster Lalu pilih gambar yang mau di masukkan lalu klik Open, lebih jelasnya bisa anda lihat berikut ini:

  4. Gambar: Pengambilan Raster di Plugins Georeference

  5. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan koordinat pada gambar raster dengan beberapa langlah berikut ini:
    • Pertama pastikan gambar sudah di ambil dan sudah ada di halaman plugins georeference
    • Kedua Perbesar titik yang di titik di Google Arth, yang empat titik, perbesar sedetail mungkin lalu dimulai dari Titik A masukkan angka koordinat yang di ambil di google eath atau yang sudah di simpan di Excel
    • Ketiga Silahkan ulangi langlah tersebut dengan sesuai dengan 4 titik koordinat referensi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here